Jaga Kebersihan Kaca Mobil Share this
Tips
Mode baca

Jaga Kebersihan Kaca Mobil

Adi Hidayat
pada 01 Juni 2016

Foto: Menjaga kebersihan kaca mobil.

JAKARTA – Kebersihan mobil tidak hanya di bagian body dan interior. Kaca mobil juga berperan dalam penampilan mobil. Jangan tunggu sampai kaca mobil kusam atau berjamur bahkan tergores.

Goresan sedikit saja dapat mempengaruhi kenyamanan berkendara sekaligus merusak tampilan mobil. Lantas, bagaimana caranya agar kaca tidak mudah baret atau tergores?Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  1. Jaga baik-baik kaca film. Kaca film memang letaknya berada di sisi dalam kaca mobil, namun bukan berarti kaca film tidak bisa tergores. Kaca film terbilang rentan terhadap goresan dari benda lain terurama saat memasukkan barang ke dalam. Untuk itu, pastikan Anda berhati-hati saat memasukkan barang ke dalam mobil.
  2. Menjaga kaca agar tetap bersih. Bila didiamkan, kotoran sederhana sekalipun akan sulit untuk dibersihkan. Untuk itu, pastikan Anda rajin membersihkannya dengan lap khusus. Dalam membersihkan kaca, lakukan dengan lap lembut dan pastikan kondisi kaca tidak kering. Gunanya adalah agar kaca tidak rentan tergores. Selain itu pastikan pula lap yang digunakan dalam kondisi bersih.
  3. Keringkan kaca setelah mobil terkena hujan. Alasannya sederhana yaitu untuk menghindari jamur kaca. Pastikan anda mengelapnya dengan kain yang menyerap air agar kaca dapat kering sempurna. Bila kondisi kaca mobil sudah banyak jamurnya, untuk membersihkannya harus dengan cairan khusus dan metode pembersihan khusus.
  4. Ganti karet wiper yang mengeras. Tanda karet wiper mengeras adalah meninggalkan bekas goresan pada kaca dan tidak maksimal saat menyapu air di kaca. Jika kondisi seperti ini didiamkan terlalu lama, akan menggores kaca secara permanen.
  5. Gunakan wiper saat kondisi kaca basah. Hal ini untuk menghindari adanya debu pada wiper. Debu yang dibawa oleh karet wiper dapat menimbulkan goresan pada kaca jika digunakan dalam kondisi kering.

Jika ingin kaca mobil tetap bersih sebaiknya ikuti cara-cara ini. [Adi/Ikh]


Komentar