Jadwal GIIAS 2019 Maju, Ini Alasan GAIKINDO Share this
Berita Mobil
Mode baca

Jadwal GIIAS 2019 Maju, Ini Alasan GAIKINDO

Ary Dwinoviansyah
pada 15 Mei 2019

JAKARTA — Penyelenggaraan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 akan dihelat lebih cepat dari sebelumnya. 

Dalam beberapa tahun terakhir, GIIAS selalu diselenggarakan pada bulan Agustus. Namun, untuk kali ini pihak penyelenggara justru memajukan jadwal pelaksanaannya menjadi 18-28 Juli 2019.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO menyebut tujuan utamanya adalah meningkatkan penjualan mobil maupun sepedamotor. 

"Kami majukan sekitar setengah bulan. Kenapa diadakan lebih awal? Ini adalah cara untuk mendongkrak penjualan kendaraan bermotor. Dari pengalaman kami, dalam setahun penjualan itu 40-43 persen ada di first half (kuartal pertama). Sedangkan 53-60 persen di second half," kata Yohannes di Jakarta, kemarin (14/5).

Dia menyebut pelaksanaan GIIAS 2019 di Juli tepat dalam upaya meningkatkan penjualan di kedua segmen tersebut. Ditambah lagi salah satu dampak dari penurunan yakni Pemilu juga sudah berlalu. 

"Kami sudah memprediksi bahwa penjualan di awal tahun akan turun karena ada Pemilu. Dan, ternyata analisis kami betul di mana terjadi penurunan sekitar 13 persen dari tahun sebelumnya pada kuartal pertama. Makanya, dengan diadakan pada Juli akan dapat menolong penjualan dan untuk tahun berikutnya akan kembali lagi seperti semula (bulan Agustus)," terangnya. 

Dengan begitu, GAIKINDO berharap target penjualan kendaraan akan terpenuhi. Yohannes mengatakan belum ada revisi mengenai target penjualan 1,1 juta kendaraan untuk 2019 ini. 

Di ICE BSD City, Tangerang ebagai lokasi pelaksanaan, GIIAS 2019 akan mengusung tema Future in Motion. Harapannya nanti para peserta akan dapat menampilkan kendaraan-kendaraan listrik bahkan otonom sebagai wujud transformasi teknologi dari insutri otomotif. 

Yohannes menambahkan kehadiran kendaraan hybrid, plug-in hybrid, electric hingga autonomous adalah masa depan otomotif yang mesti diantisipasi kehadirannya. Lewat GIIAS, GAIKINDO ingin memberikan edukasi awal tentang berbagai inovasi industri otomotif. Sehingga Indonesia siap menyambut perubahan positifnya. 

Salah satunya bisa terlihat melalui program Beyond Mobility Experience di mana pengunjung GIIAS 2019 bisa melihat sekaligus merasakan langsung inovasi produk-produk peserta. Kabarnya, sudah ada 4 brand yang menyatakan untuk menampilkan teknologi masa depannya di sini. 

"GIIAS adalah inspirasi teknologi otomotif dan akan ditampilkan dari seluruh sis penyelenggaraannya Tidak sekedar melihat, menyebtuh atau foto, di GIIAS para pengunjung bisa melihat informasi tentang teknologi dan bahkan mendapatkan pengalaman mengendarainya langsung," ujar Rizwan Alamsjah, Ketua III GAIKINDO sekaligus Ketua Penyelenggara GIIAS 2019. 

Tahun ini, GIIAS 2019 akan diikuti oleh 19 brand dari kendaraan penumpang, 6 brand kendaraan komersial, 11 brand sepedamotor dan 3 brand dari kategori karoseri. Secara keseluruhan, data yang diambil per 13 Mei 2019 ini masih sama dengan tahun lalu. [Ary/Idr]


Komentar