Isuzu Panther Terbaru akan “Caplok” Mesin MU-X Share this
Berita Mobil
Mode baca

Isuzu Panther Terbaru akan “Caplok” Mesin MU-X

Denny Basudewa
pada 29 Mei 2018

Foto: Isuzu Panther

JAKARTA – Isuzu Panther generasi terbaru yang akan diluncurkan diyakini akan mengadopsi mesin dari produk sebelumnya seperti Giga, D-Max dan MU-X.

Rumor tentang hadirnya generasi terbaru MPV legendaris PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), terus bergulir. Meskipun hingga saat ini belum ada kepastian kapan Panther akan mendapat berevolusi.

Isuzu Panther sendiri hingga saat ini masih menggunakan mesin dengan kode 4JA1 berkapasitas 2.500 cc. Jantung mekanis kendaraan tersebut masih menggunakan sistem pembakaran Direct Injection atau injeksi langsung.

Teknologi tersebut membuat Isuzu Panther tetap dipercaya para pelanggan setianya. MPV legendaris ini menjadi andalan karena terkenal tangguh, irit bahan bakar dan nyaman dikendarai di berbagai medan jalan.

Namun tantangan yang dihadapi Isuzu Panther saat ini adalah rencana Pemerintah, tentang standar emisi Euro4. Dengan menggunakan mesin berteknologi lawas tersebut, Panther dipastikan tidak akan bisa mengantungi sertifikat uji emisi.

Salah satu cara untuk membuat Isuzu Panther tetap eksis sebagai ‘Rajanya Diesel’, adalah dengan menerapkan teknologi baru pada bagian mesin. Namun perubahan mesin saja akan terbilang sia-sia, karena banyak dari penggemarnya sangat menantikan generasi terbaru dari mobil keluarga itu.

Harry Kamora selaku COO PT IAMI mengatakan Isuzu Panther telah siap, jika memang harus memiliki standar emisi Euro4 sesuai aturan pemerintah. Dirinya mengatakan bahwa Panther bisa mengusung teknologi Common Rail yang telah digunakan produk lainnya.

“Sebenarnya membicarakan tentang Euro4 sangat berkaitan dengan infrastruktur yang ada, dalam hal ini Pemerintah. Kita untuk mengusung Euro4 dengan mesin saat ini yaitu common rail yang telah digunakan D-Max, Giga dan MU-X,” ucap Harry.

Isuzu Panther sendiri telah memasuki tahun ke-12 tanpa perubahan berarti. Evolusi MPV diesel 7-penumpang tersebut menjelma layaknya SUV. Dengan bodi yang semakin membesar, mobil ini mirip dengan saudaranya yakni MU-X.

Namun Harry menyangkal Panther generasi terbaru akan memakan pasar dari MU-X. Tetap ada garis merah yang membedakan kedua produk tersebut. Namun sekali lagi konsumen masih belum bisa mendapatkan kepastian, akan hadirnya generasi terbaru dari Isuzu Panther. [Dew/Ari]


Komentar