Isuzu MU-X Siap Terkam Pajero Sport dan Fortuner Share this
Mobil Baru
Mode baca

Isuzu MU-X Siap Terkam Pajero Sport dan Fortuner

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 19 Januari 2016

JAKARTA - Isuzu MU-X siap menerkam all-new Mitsubishi Pajero Sport dan all-new Toyota Fortuner. SUV tujuh-penumpang ini memiliki pasar yang cukup signifikan di Indonesia.

Adanya inovasi baru pada kedua mobil tersebut salah satu hal ditakutkan oleh para kompetitor, salah satunya Isuzu. Sebab Isuzu memiliki SUV pesaing yaitu Isuzu MU-X. Ketiganya mencoba mencuri perhatian masyarakat Indonesia.

"Fortuner dan Pajero Sport adalah kompetitor sangat kuat. Mereka berjuang juga saat masuk di segmen ini. Sampai hari ini mereka di segmen SUV sangat baik. Isuzu bagaimana? Sejak 2014 Isuzu punya di segmen itu," kata Ernando Demily Direktur Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia menanggapi ketatnya persaingan medium-SUV di Indonesia.

"Jujur ngomong masalah struggling itu banyak faktornya. Tapi kami terus belajar. Tidak hanya produk, tapi kami juga siapkan jaringan (dealer, pelayanan dan kepuasan para konsumen)," sahutnya.

Menanggapi persaingan medium-SUV yang begitu ketat dan dikuasai oleh kedua merek tersebut, Isuzu menanggapi santai, namun tetap optimistis dengan menjalankan beberapa trik jitu agar Isuzu MU-X tetap mencuri hati masyarakat Indonesia.

Isuzu Indonesia pun sudah berencana memasarkan varian baru Isuzu MU-X di tahun 2016, tujuannya untuk mengganggu pangsa pasar all-new Pajero Sport dan all-new Fortuner.

"Kami akan membawa varian lebih lengkap (MU-X). Isuzu MU-X, kami target penjualan 1.100 unit per tahun (tahun 2016)," tutup Ernando.

Isuzu Siap Luncurkan 10 Model Baru

PT Isuzu Astra Motor Indonesia dikabarkan akan meluncurkan sejumlah model baru untuk memperkuat penjualan. Setidaknya ada 10 model baru akan meramaikan pasar otomotif Indonesia.

Menurut Edy J Oekasah Marketing Dision Head PT IAMI, kesepuluh model baru tersebut meliputi D-Max, MU-X, light truck (Isuzu Elf) dan medium truck (Isuzu Giga). Mereka akan diluncurkan secara bertahap di Tanah Air.

"Tahun ini kami akan agresif. Dengan adanya lineup baru ini, kami bisa masuk lagi di segmen yang kami targetkan," kata Oekasah di Jakarta.

Nah, seiring dengan peluncuran model-model baru di Indonesia, Isuzu Indonesia berencana menaikkan penjualan sebesar 20 persen sepanjang 2016. Untuk pasar, merek mobil asal Jepang itu bakal membidik konsumen fleet dan pengguna mobil pribadi.

Pada tahun 2015, Isuzu mengalami penurunan angka penjualan dengan total penjualan sebesar 19.350 unit. Kendati mengalami penurunan penjualan, namun pangsa pasar Isuzu Elf dan light truck mengalami peningkatan dari 18,1 persen menjadi 19 persen.

Isuzu optimistis tahun ini negara-negara berkembang, termasuk Indonesia akan mengalami pertumbuhan sebesar 5,3 persen. Di samping itu, percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia akan turut membantu bisnis otomotif Isuzu.

"Tentu ini menjadi peluang yang baik," tutup Ernando Demily Direktur Marketing PT IAMI. [Ikh/Idr]


Komentar