Isuzu MU-X 4X4 Terganjal Regulasi Emisi di Indonesia Share this
Berita Mobil
Mode baca

Isuzu MU-X 4X4 Terganjal Regulasi Emisi di Indonesia

Denny Basudewa
pada 12 Juni 2017

Foto: Isuzu MU-X

JAKARTA – Isuzu MU-X 4X4 akan masuk Indonesia tampaknya terganjal regulasi Euro.

Demikian disampaikan Joen Budiputra, Direktur Pemasaran PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan berminat untuk memboyong varian 4X4 dari MU-X tahun ini.

“Mengenai MU-X 4X4 kami belum bisa berbicara banyak karena masih menungu kepastian lagi dari prinsipal. Nanti setelah semuanya siap akan kami kabarkan kembali. Saya berharap tahun ini sudah bisa dipasarkan,” ujar Joen.

Indonesia hingga saat ini masih menerapkan standar Euro 2 untuk produk-produk kendaraan bermesin diesel. Rencana pemerintah untuk mengubah regulasi baru akan terlaksana pada 2021 menjadi Euro 4. Hal inilah yang menjadi halangan pihak IAMI memboyong varian MU-X 4x4 ke Tanah Air.

Pilihan yang dihadapi oleh IAMI adalah melakukan downgrade terhadap produk SUV-nya, atau menunggu hingga Euro 4 benar-benar diaplikasikan. Namun permintaan akan SUV yang macho dengan sistem penggerak 4X4 berdatangan dari pelanggan setia Isuzu.

“Produk-produk kami banyak yang sudah Euro 4 ke atas di luar sana. Ini menjadi kendala bagi kami untuk memasukkannya ke Indonesia. Namun untuk MU-X 4X4, kami sudah dibantu oleh prinsipal dalam hal pembuatan mesin yang sesuai di Indonesia. Mudah-mudahan tahun ini kami bisa bicara lebih banyak, paling tidak di GIIAS 2017,” lanjutnya.

Isuzu MU-X menggunakan mesin 2.5-liter 4-silinder 16-valve didukung electronic common-rail direct fuel injection, dengan intercooled VGS (Variable Geometry System) turbo charger. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 134 hp pada 3.400 rpm. Torsi yang dihasilkan SUV satu ini sebesar 313 Nm pada 1.800 hingga 2.800 rpm. [Dew/Ikh]


Komentar