IOX 2017 di Sulawesi Dihadiri Puluhan Mobil dan Motor Offroad Share this
Balap Lain
Mode baca

IOX 2017 di Sulawesi Dihadiri Puluhan Mobil dan Motor Offroad

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 18 September 2017

Foto: Persiapan IOX 2017 Celebes

JAKARTA - Indonesia Offroad eXpedition (IOX) 2017 Celebes yang akan menjelajahi Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan dimulai pada 7-21 Oktober 2017.

IOX 2017 Celebes akan diikuti total 87 kendaraan offroad super ekstrim, 61 dirt bike dan 371 personil dari Klub Indonesia Offroad eXpedition (IOX). Di event ini, para peserkan akan diuji kemampuan fisik, mental dan kendaraannya dalam melibas rute-rute ekstrim di Sulawesi.

Acara offroad ini akan dimulai di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 7 Oktober 2017 dan berakhir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 21 Oktober 2017. Para peserta akan melewati rute Danau Matano dan Toraja.

Di IOX kali ini akan terbagi menjadi 4 event yakni event offroad untuk Kendaraan 4x4 dan Dirt Bike serta event wisata (overland) 4x4 dan motor. Overland menjadi event terbaru dari IOX untuk menyalurkan minat offroader yang menyukai tema wisata.

Event baru ini bersifat terbatas sehingga tidak semua peserta dapat menikmatinya. Acara ini tidak hanya menjadi ajang pembuktian mobil dan motor offroad saja melainkan juga, menyingkap tabir pesona Sulawesi di wilayah yang tidak mampu dilalui kendaraan bermotor.

Perjalanan kali ini akan menempuh jarak kurang lebih 1.500 km dalam 15 hari. Para offroader juga akan menerobos jalur-jalur tua sepanjang 40 km dengan kondisi sangat buruk dan dipastikan sangat menguji skill dan kesabaran para peserta.

Kondisi lintasan kali ini sangat menantang karena para peserta akan melewati 4 rawa dengan ketinggian air hingga kap mesin dan menyeberangi beberapa sungai lebar dengan arus deras. Dengan beratnya medan offroad tersebut, dibutuhkan kerjasama tim yang kompak sehingga mampu melintas dengan sukses dan kendaraan tidak mengalami kerusakan berat.

IOX 2017 Celebes“IOX 2017 Celebes ini akan menjadi sebuah perjalanan yang berat bagi para peserta mengingat kondisi cuaca akan kurang bersahabat. Kemungkinan akan terjadi hujan dan menyebabkan banjir dan longsor. Dengan kondisi alam yang semakin sulit, kami yakin akan semakin menarik bagi para peserta,” tutur Firzal Muzaffar yang akrab dipanggil Pipit selaku Ketua Panitia IOX Celebes 2017.

Persyaratan untuk mengikuti acara kali ini sangt ketat dan peserta harus mengikuti proses scruteering atau pemeriksaan. Pemeriksaan tersebut meliputi kondisi fisik kendaraan hingga perbekalan para peserta.

Sebelum melalui proses scruteering, panitia IOX 2017 juga menggelar coaching clinic pada 16 September 2017 bagi seluruh peserta. Kendaraan yang telah lolos pemeriksaan akan dikirim ke Kendari via transportasi laut pada 20 September 2017. [Amo/Ikh]


Komentar