IOF Punya Pengurus Baru, Kian Sigap Tanggulangi Bencana Share this
Berita Mobil
Mode baca

IOF Punya Pengurus Baru, Kian Sigap Tanggulangi Bencana

Denny Basudewa
pada 21 Januari 2019

Foto: IOF 2018 - 2022

JAKARTA – Indonesia Offroad Federation (IOF) melantik jajaran pengurus baru 2018 - 2022 sekaligus memaparkan visi dan misi organisasi ke depannya.

Mengusung slogan ‘satu langkah lebih maju’ dengan kabinet yang sebagian diisi oleh generasi muda, prses seremoni dilakukan di Gedung Mohamad Toha - Markas Kodiklat TNI AD Bandung (18/01/2019). Selain tamu undangan, hadir dalam pelantikan ini para Dewan Pendiri IOF, Dewan Pengawas, Dewan Pembina dan juga perwakilan Pengda IOF dari seluruh Indonesia.

Salah satu program unggulan di bidang kompetisi offroad, adalah menghadirkan kembali lomba yang bukan hanya mengandalkan teknologi tetapi juga skill, kekompakan dan stamina offroader.

“Jika semua insan PP IOF mau bergandengan tangan, bekerja dengan hati iklas, pasti semua bisa dikerjakan dan diwujudkan. Jangan mengaku offroader sejati jika belum mampu menaklukan trek yang nanti disiapkan,” kata Irjen Pol Drs. Sam Budigusdian, MH, ketua umum IOF 2018-2022.

Sejak bencana Tsunami Aceh 2004 silam, IOF kerap berada di garis terdepan dalam penyaluran bantuan untuk para korban. Karena memiliki kendaraan offroad yang sudah dilengkapi perlengkapan recovery mumpuni, banyak lokasi yang sulit bisa ditembus.

IOF Member IOF

Hingga saat ini, IOF menjadi salah satu partner yang bisa diandalkan Basarnas dan BNPB dalam menjalankan misi kemanusiaan di lokasi bencana. Apabila IOF sudah hadir di lokasi bencana, helikopter yang tadinya ditugaskan untuk mengangkut logistik, perannya digantikan oleh jip-jip milik anggota IOF.

Untuk itu ke depannya program peningkatan kualitas SDM IOF di bidang SAR dan Penanggulangan Bencana akan lebih ditingkatkan. Karena sebagai negara yang dikelilingi gunung berapi, bencana alam sudah pasti akan mudah terjadi kapan saja. Untuk meminimalisir korban diperlukan kesiapan dan kerjasama yang bagus bukan hanya dari pemerintah tetapi juga seluruh elemen masyarakat.

“Kebetulan Pembina IOF ada yang dari TNI dan juga Wakil Jaksa Agung. Saya sendiri anggota Polri. Kalau ada yang mempersoalkan ijin kegiatan offroad IOF pasti tak parani (redaksi: sambangi),” kata Irjen Pol Sam Budigusdian sembari sedikit bercanda. [Dew/Ari]


Komentar