Insiden Rossi – Lorenzo Bisa Berakibat Fatal Share this
MotoGP
Mode baca

Insiden Rossi – Lorenzo Bisa Berakibat Fatal

Denny Basudewa
pada 02 Juli 2018

Foto: Persaingan pembalap MotoGP di Assen 2018

ASSEN – Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo tidak berhasil menuntaskan misinya di MotoGP Assen 2018.

Rossi hanya mampu finish di tempat kelima di belakang Andrea Dovizioso, sementara Lorenzo menyelesaikan balapan di posisi ketujuh. Padahal sebelumnya kedua pembalap tersebut, bersaing untuk bisa finish terdepan.

Ketatnya persaingan di MotoGP Assen 2018, membuat banyaknya aksi saling salip antar beberapa pembalap. Tidak hanya pembalap pabrikan, Cal Crutchlow dari tim LCR Honda juga memberikan perlawanan di awal-awal lomba.

Lorenzo yang memulai balapan pada posisi 10, mampu mengatasi pembalap di depannya. Hanya butuh lima putaran, Ia sudah berada di depan dan memimpin jalannya balap. Pembalap Ducati Corse tersebut dibuntuti oleh Rossi cukup dekat.

Pada lap ke-5, Lorenzo sempat kehilangan grip ban depannya setelah melintasi kerb terlalu dalam. Di kecepatan 200 kpj, Lorenzo mencoba mengendalikan motornya namun karena jarak yang terlalu dekat, Rossi tidak kuasa untuk menghindar sehingga tabrakan pun tidak terhindarkan.

Beruntungnya kedua pembalap tetap bisa mengendalikan motornya dan terus melaju. Pada kecepatan tersebut jika saja kedua pembalap terjatuh, maka bisa jadi mengalami insiden yang berbahaya. Hal ini diamini kedua pembalap.

“Ini adalah momen yang sangat beruntung, karena saya tidak tahu apa yang terjadi dibelakang. Saya kehilangan grip pada pinggiran ban depan. Untuk menghindari kecelakaan, saya mengurangi kecepatan dan Valentino tidak melihatnya dan menabrak bagian belakang motor. Ini adalah hal yang mengerikan dan bisa berbahaya,” ucap Lorenzo.

Tidak berbeda dengan Lorenzo, Rossi juga mengatakan hal yang sama. Pembalap asal Italia tersebut bisa tidak melanjutkan balapan dan mengalami cedera, akibat insiden dengan Lorenzo itu.

“Kami sangat beruntung, karena Lorenzo mengambil terlalu dalam di tikungan 12. Ia kehilangan grip ban depan dan saya tiba di sana dengan kecepatan lebih besar sehingga menabraknya. Tapi kami beruntung karena saya menabraknya persis di tengah sehingga tidak terjatuh,” jelas Rossi. [Dew/Ari]


Komentar