Inilah Rahasia Sukses Marquez di MotoGP Jerman 2016 Share this
MotoGP
Mode baca

Inilah Rahasia Sukses Marquez di MotoGP Jerman 2016

Denny Basudewa
pada 18 Juli 2016

Foto: Marc Marquez di Sachsenring

SACSHSENRING – Marc Marquez menjadikan dirinya tidak terkalahkan di MotoGP Jerman 2016. Pilihan cerdas tersebut berhasil membuatnya memenangkan balapan ketujuh kalinya di Sachsenring.

Awalnya balapan digelar dalam kondisi hujan dan semua pembalap menggunakan ban basah. Namun sebagian trek mulai mengering pada pertengahan lomba. Tidak banyak pembalap yang berani masuk pit untuk mengganti ban kering.

Namun The Baby Alien mengambil keputusan berani pada lap 17 dengan menukar bannya. Ia menggunakan ban slick meskipun trek belum sepenuhnya kering.

Hal ini berbuah manis baginya, terlebih setelah dirinya mengakui bahwa salah memilih ban pada awal lomba. Usai mengganti ban, posisinya melorot jauh ke belakang. Namun dengan ban slick Ia mampu mencetak waktu fantastis.

“Ini adalah balapan yang gila. Sejujurnya saya sudah merasa putus asa pada awalnya karena salah memilih kompon ban depan. Sementara saya menggunakan kompon soft, Dani dan Valentino menggunakan super soft,” ujar Marquez.

Tim Repsol Honda menyiapkan ban slick bagi Marquez karena diakui tidak memiliki pilihan ban intermediate. Untungnya hal tersebut tidak bermasalah namun justru menjadi penghantar kemenangan ketujuh Marquez.

“Tim kami tidak mendapatkan jatah ban intermediate. Kami balapan dari basah sampai kering. Ini memang pilihan yang sulit, tapi slick sudah paling benar buat kami. Saya mengganti motor karena sudah jauh dari posisi pertama apalagi posisi podium sekalipun,” jelasnya.

Pengalaman musim lalu benar-benar telah mengubah karakter Marquez. Pembalap Spanyol yang dikenal sangat ambisius dan cenderung urakan ini menjadi kalem dan patuh pada perintah tim.

Marquez tidak ngotot untuk terus melanjutkan lomba dengan ban basah. Catatan waktunya hampir lima detik lebih cepat dari pembalap lain yang masih menggunakan ban basah. Kurang dari sepuluh lap Ia sudah mampu memimpin balapan.

Kemenangan ini terasa spesial buat Marquez. Meskipun sempat masuk gravel dan menganggap balapannya telah usai. Satu keputusan cerdas membuatnya berhasil naik podium tertinggi di Sachsenring untuk ketujuh kalinya.

Finish pertama di Jerman membuat Marc Marquez semakin kokoh di puncak klasemen sementara. Raihan 25 poin membuat selisih dengan Jorge Lorenzo semakin jauh 48 poin. Dengan Rossi selisih poinnya menjadi 59. [Dew/Ikh]


Komentar