Ini Tiga Ban Baru Corsa, Tipe Dual Purpose Cocok Buat Mudik Share this
Berita Motor
Mode baca

Ini Tiga Ban Baru Corsa, Tipe Dual Purpose Cocok Buat Mudik

Ary Dwinoviansyah
pada 23 Mei 2019

JAKARTA — Varian ban motor yang ditawarkan PT Multistrada Arah Sarana (MASA) Tbk semakin lengkap dengan dirilisnya Corsa R26, Corsa Cross S dan juga Corsa M5. 

Produsen ban dalam negeri ini sepertinya tak puas dengan kesuksesan Corsa M5 peruntukkan Yamaha NMax. Hal tersebut terlihat di mana PT MASA merilis varian serupa untuk skutik dengan velg 12 inci. Ukurannya meliputi dua pilihan pada ban depan (100/90-59P dan 110/80-64P) dan dua ban belakang yakni 110/90-59P dan 110/80-64P.  

"Setelah diterapkan pada skutik 13 inci seperti Yamaha NMax, kini Corsa M5 juga hadir pada skutik-skutik 12 inci seperti Honda Scoopy, Yamaha Free Go dan juga Vespa. Kandungan yang dimiliki tetap sama di mana ban ini punya kompon medium cenderung ke soft," ujar M Sulkan Arif, Technical Support Nasional PT MASA di Jakarta Selatan (21/5). 

Varian kedua yaitu Corsa R26 yang kali ini khusus hadir untuk Yamaha Aerox. Arif mengatakan ban ini ada sebagai jawaban atas kebutuhan para konsumen. Dari segi desain, Corsa R26 menawarkan tampilan sporty karena menyajikan konstruksi V-Profile. Gripnya terhadap aspal pun diklaim maksimal lantaran adanya teknologi Blacktooth serta penggunaan jenis kompon medium. Namun, Corsa R26 hanya menyediakan satu pilihan pada ban depan 110/80-14 dan belakang 140/70-14.

Sementara itu, varian yang benar-benar baru terdapat pada Corsa Cross S. Ban tersebut didesain guna memenuhi kebutuhan berkendara para pemilik motor dual purpose. Corsa Cross S menyediakan ukuran 110/80-19 (depan) dan 140/80-17 (belakang). 

"Selain itu, Corsan Cross S juga tersedia untuk pemilik skutik dengan ban ukuran 13 inci seperti Yamaha NMax dan punya 4 ukuran," sahut Arif lagi. 

Corsa Cross S menyajikan desain tapak ban blok. Meski demikian, PT MASA menjanjikan cengkeraman maksimal di berbagai kondisi jalan. Melihat desain seperti ini, Corsa Cross S jelas sangat cocok untuk dipakai mudik supaya bisa melibas berbagai kondisi jalan. Konstruksi dinding ban yang kuat juga disebutnya menjadi faktor pendukung keawetan dari karet bundar ini. 

Arif menambahkan, Corsa Cross S juga punya tapak lebih tebal dibandingkan ban lain. Namun, Ia menyatakan bobot ban tetap ringan karena ban dengan kompon medium ini telah disemati teknologi New Hybrid Compund. Memang belum bisa dibuktikan karena seperti kebanyakan ban dual purpose stabilitasnya kurang baik saat digunakan di aspal. [Ary/Idr] 


Komentar