Ini Supercar Hybrid Pertama Lamborghini Share this
Mobil Baru
Mode baca

Ini Supercar Hybrid Pertama Lamborghini

Helmi  Reinaldi
pada 04 September 2019

Foto: Lamborghini Siam

BOLOGNA - Lamborghini seakan tak ingin ketinggalan menghadirkan mobil yang ramah lingkungan, namun tetap dengan gayanya, supercar. Lamborghini Sian namanya.

Dalam bahasa Inggris ini diartikan sebagai “flash” atau “lightning”. Menggambarkan kinerja gahar dari supercar yang ramah lingkungan.

Supercar berjenis coupe ini menggabungkan mesin V12 785HP dengan motor listrik 34HP. Ini menjadi mesin dengan tenaga paling besar yang pernah ada dalam produksi mobil Lamborghini.

Kombinasi ini diklaim mampu membuat Lamborghini Sian menembus 99 kpj dalam waktu 2,8 detik. Kecepatan tertingginya mencapai 349 kpj dan merupakan peningkatan dari capaian sebelumnya yang dipegang Lamborghini Aventador SPJ.

Sian juga memiliki cara menyimpan dan mengisi ulang daya yang berbeda. Alih-alih mengandalkan baterai lithium-ion seperti kebanyakan mobil hybrid dan electric vehicle (EV), supercar ini justru menggunakan super kapasitor tiga kali lebih kuat dibanding baterai dengan bobot dan daya yang sama.

Penerapan super kapasitor ini mampu menurunkan bobot keseluruhan mobil. Daya cadangan akan selalu terisi saat pengguna melakukan pengereman.

Berbicara mengenai desain, Sian mengadopsi konsep yang dimiliki Terzo Millenio 2017, seperti penerapan lampu depan berbentuk Y. Lekukan bodinya tajam dan futuristik khas supercar.

Kabar buruknya adalah, Lamborghini Sian hanya tersedia sebanyak 63 unit saja di seluruh dunia. Menariknya, semua unit Sian telah terjual dan menemukan pemiliknya masing-masing. [Hlm/Idr]


Komentar