Ini sejumlah Keunggulan all-new Kawasaki Ninja 250 Share this

Ini sejumlah Keunggulan all-new Kawasaki Ninja 250

Denny Basudewa
pada 12 Januari 2018

Foto: All-new Kawasaki Ninja 250 (Foto: Amos Arya)

JAKARTA – All-new Kawasaki Ninja 250 ditawarkan dengan sejumlah keunggulan yang diharapkan kembali menjadi pemimpin pasar kelas 250cc.

Sejak pertama kali dikenalkan pada gelaran Kawasaki Bike Week (KBW) 2017, all-new Ninja 250 dikatakan mengusung sejumlah pembaruan, baik dari segi desain, performa hingga teknologi. Bahkan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengatakan produk terbarunya tersebut, memiliki tenaga paling besar dikelasnya.

Sebagai pelopor motor berkapasitas 250cc, all-new Kawasaki Ninja 250 kini hadir dengan mesin baru yang lebih bertenaga. Jika pada generasi sebelumnya hanya mampu menghasilkan tenaga maksimal 31 hp pada 11.000 rpm, generasi terbaru Ninja 250 tenaga maksimalnya naik sebesar 5 hp. Adapun torsi maksimalnya meningkat 2 Nm dari 21,5 Nm.

Masih pada berkutat pada bagian mesin, dimensi airbox all-new Kawasaki Ninja 250 semakin diperbesar menjadi 5,8L dari sebelumnya 4,7L. Selain itu, posisi airbox sendiri berpindah ke atas mesin. Dengan ini aliran udara ke mesin lebih baik dan menghasilkan pembakaran lebih baik.

Radiator fan cover baru dirancang guna mampu melepas hawa panas dari mesin, lebih baik lagi. Jika pada generasi sebelumnya udara panas dari mesin dialirkan ke belakang, kini diarahkan ke samping. Selain itu bentuk dari fan juga lebih ringkas.

Perubahan yang signifikan dari all-new Kawasaki Ninja 250, terdapat pada sasis yang terinspirasi dari Ninja H2. Bentuknya yang kompak dengan bobot lebih ringan, dianggap mampu mereduksi berat motor secara keseluruhan.

Dengan menggunakan sasis baru, all-new Kawasaki Ninja 250 kini memiliki jarak sumbu roda lebih pendek, menjadi 1.370mm dari sebelumnya 1.400mm. Hal ini tentunya berimbas pada kelincahan motor saat digunakan.

Handling motor ini diklaim semakin baik karena diameter suspensi depan bertambah menjadi 41mm. Sementara pada bagian belakang, suspensi model bottom-link uni track, dengan fungsi adjustable preload, membuat kendali kuda besi ini semakin menyenangkan.

Kelebihan all-new Kawasaki Ninja 250 All-new Kawasaki Ninja 250

Rangka baru motor membuat all-new Kawasaki Ninja 250 menjadi lebih ramping. Hal ini juga dialami tangki bahan bakar yang terkoreksi dimensinya. Jika sebelumnya kendaraan ini dapat menampung 17 liter, kini hanya 14 liter. Namun penggunaan bahan bakar sendiri disebut-sebut lebih efisien, karena untuk penggunaan sejauh 25 kilometer, hanya membutuhkan 1 liter saja.

Sehingga dalam kondisi terisi penuh, motor ini dapat menempuh jarak hingga 400 kilometer. Guna mendukung aktivitas penggunanya, terutama yang gemar bepergian jauh, KMI membuat jok pengendara lebih tebal (90mm). Adapula fitur socket untuk mengisi ulang baterai gadget.

Dengan segala fitur baru yang ditawarkan all-new Kawasaki Ninja 250, mampukah sang pelopor menjadi pemimpin di kelasnya tahun ini? Kita tunggu saja respon konsumen terhadap produk baru KMI tersebut. [Dew/Ari]


Komentar