Ini Rahasia Kemenangan Suzuki di MotoGP Amerika 2019 Share this
MotoGP
Mode baca

Ini Rahasia Kemenangan Suzuki di MotoGP Amerika 2019

Ary Dwinoviansyah
pada 19 April 2019

AUSTIN — Tim Suzuki Ecstar harus berterima kasih kepada para insinyurnya karena berhasil memenangkan balapan MotoGP Amerika.

Laga di Circuit of The Americas (COTA), Austin akhir pekan lalu menjadi pembuktian dari performa Suzuki. Tak hanya itu, mereka juga membuat sejarah berkat kemenangan Alex Rins. Tapi, sejatinya ini merupakan buah kerjasama apik yang diciptakan pihak tim bersama peracik Suzuki GSX-RR. 

Davide Brivio, Manajer Tim Suzuki Ecstar mengatakan semua berawal dari peran pembalap test mereka yaitu Sylvain Guintoli. Pasokan mesin baru musim ini memberikan tenaga lebih besar buat motornya. Meskipun, masih banyak celah yang harus ditingkatkan agar sebanding dengan Ducati maupun Honda. 

Sebelum memulai musim balap MotoGP 2019, mereka pun sempat melakoni uji terowongan angin di markas Suzuki Hamamatsu, Jepang. Pembuktian awal pun sudah terlihat di seri pembuka MotoGP Qatar. Kali itu, Rins bahkan beberapa kali memimpin balapan, walaupun pada akhirnya belum berhasil menapaki podium. 

Upaya untuk naik podium juga terjadi di MotoGP Argentina. Tapi, pembalap Spanyol ini hanya bisa finish di urutan ke-5. Misi tersebut baru terpenuhi saat dirinya menjalani MotoGP Amerika. Tidak hanya naik podium, Rins bahkan mampu memenangkan balapan setelah tertinggal cukup jauh dari Valentino Rossi. 

Padahal, karakter sirkuit COTA bisa dibilang rumit. Jumlah tikungan 11 ke kiri dan 8 ke kanan terang saja memaksa ban bekerja ekstra memberikan grip terhadap aspal. Hal ini lah yang menjadi salah satu penyebab Rossi akhirnya dilewati Rins dan di sini akhirnya terungkap rahasia kekuatan Suzuki. 

"Salah satu fitur Suzuki yang paling mengesankan adalah  walau menikung dengan kecepatan tinggi, ban tetap terjaga. Kami menggunakan bagian tepi ban lebih banyak karena butuh kecepatan di tikungan. Ini lah yang mungkin membuat kami sedikit lebih unggul dari pabrikan lain dan itu cukup bagus. Tapi kelemahannya masih tetap pada mesin," ungkap Brivio. 

Berkat pencapaian ini pula Rins kini menghuni posisi ketiga di klasemen sementara MotoGP 2019. Dari tiga seri, Ia sudah mengumpulkan 49 poin dan hanya berselisih 5 poin saja dari Andrea Dovizioso yang berada di posisi teratas. [Ary/Idr]


Komentar