Ini Penyebab Tumbangnya Rossi di Mugello Share this
MotoGP
Mode baca

Ini Penyebab Tumbangnya Rossi di Mugello

Denny Basudewa
pada 23 Mei 2016

Foto: Rossi Melihat Mesin Motornya yang Bermasalah

MUGELLO – Valentino Rossi gagal melanjutkan pertarungan dengan rekan satu timnya Jorge Lorenzo. Mesin Yamaha M1 tunggangan The Doctor - julukan Rossi - mengeluarkan asap putih tebal pada lap menyisakan 15 putaran lagi.

Mengawali balapan dari posisi terdepan, posisi Rossi langsung digusur oleh Lorenzo jelang tikungan pertama. Bukan tanpa perlawanan, pembalap Italia tersebut mampu menempel ketat Lorenzo tanpa ampun. Segala cara dilakukan pemilik nomor 46 tersebut, hingga pada lap keenam motornya sempat melebar.

“Sayang sekali pada lap keenam motor mulai bermasalah dan kopling tidak bisa terbuka, mungkin karena mesin belum mulai panas. Atas alasan itulah saya melebar tapi kemudian bisa kembali bersaing tidak lama kemudian,” ujar Rossi.

Ini Penyebab Tumbangnya Rossi di Mugello Jorge Lorenzo Dibayang-bayangi Valentino Rossi

Setelah kembali bertarung dengan Lorenzo di barisan depan, motor Rossi terlihat baik-baik saja selama beberapa putaran. Puncaknya pada lap menyisakan 15 putaran lagi. Rossi kembali melebar, terlihat dalam tayangan ulang Ia kehilangan kendali dari motornya.

Kejadian rusaknya mesin Yamaha YZR-M1 tidak hanya dialami oleh Rossi. Sebelumnya Lorenzo mengalami masalah yang sama saat pemanasan (warming up).

“Saya pikir ada yang salah pada kedua mesin, namun perbedaan besarnya adalah kejadian ini menimpa Lorenzo saat pemanasan dan saya mengalaminya saat lomba."

"Sisi positifnya adalah saya mampu tampil kompetitif sepanjang akhir pekan dan saya sangat kuat. Saya mampu bertarung utuk memperebutkan kemenangan, jadi saya sudah tidak sabar untuk balapan selanjutnya di Montmelo. Catalunya adalah salah satu trek favorit dan saya senang balapan di sana. Kita harus menunggu sepuluh hari mendatang dan melihat bagaimana hasilnya," lanjutnya.

Gagalnya Rossi membawa poin di Mugello kemarin membuat selisih poin dengan Lorenzo di puncak klasemen semakin menjauh. Lorenzo kini mengoleksi 115 poin sedangkan Rossi berada di posisi ketiga dengan raihan 78 poin. [Dew/Ikh]


Komentar