Ini Kelebihan Mobil Diesel Share this

Ini Kelebihan Mobil Diesel

Adi Hidayat
pada 21 September 2017

Foto: keuntungan mesin diesel

BEKASI – Mobil bermesin diesel masih banyak dikeluhkan dari segi kenyamanan karena suara ciri khas mesin masih masuk ke dalam kabin penumpang.

Kendati demikian, ternyata mesin diesel memiliki beragam keuntungan khususnya dari sisi efisensi bahan bakar.

Efisiensi bahan bakar tersebut yang membuat mesin diesel masih menjadi pilihan utama dalam segmen mobil komersial. Meski demikian, seiring dengan berkembangnya teknologi, segala kelemahan mesin diesel sudah mulai dikurangi dengan adanya penemuan teknologi-teknologi baru.

“Saat ini mesin diesel sudah berkembang. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi-teknologi baru seperti teknologi Common Rail,” kata Reiner Tandiono, Sales Support Dept Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Ia pun menjelaskan mesin diesel sebenarnya lebih banyak kelebihan ketimbang kelemahannya. Salah satu keunggulan utamanya adalah mesin diesel mempunyai efisiensi panas yang lebih besar. Hal ini berarti penggunaan bahan bakarnya lebih ekonomis dari mesin bensin.

Selain itu, mesin diesel lebih tahan lama dan tidak perlu elektrik igniter. Hal ini berarti kemungkinan kesulitan lebih kecil dari mesin bensin.

“Dengan demikian, maka komponen pada mesin menjadi lebih sedikit. Komponen lebih sedikit artinya biaya perawatan mesin diesel akan menjadi lebih murah dibanding dengan mesin bensin,” tambahnya kemudian.

Momen pada mesin diesel tidak berubah pada jenjang tingkat kecepatan yang luas. Karena itulah torsi yang dihasilkan oleh mesin diesel umumnya lebih besar ketimbang mesin bensin. Besarnya torsi tersebut biasanya dibutuhkan oleh kendaraan komersial karena membawa beban yang lebih besar dan membutuhkan torsi besar sedari awal.

Ia pun menambahkan bahwa tekanan pembakaran maksimum hampir dua kali mesin bensin. Tekanan yang lebih besar membuat pembakaran lebih efektif dan irit bahan bakar namun mengakibatkan suara dan getaran mesin diesel lebih besar.

“Kondisi tersebut kini sudah mulai teratasi dengan penggunaan teknologi common-rail. Teknologi ini berhasil untuk mengurangi getaran dan suara mesin sehingga kenyamanan berkendara lebih meningkat dibanding mesin diesel konvensional,” jelas Reiner.

Tekanan pembakaran lebih tinggi, maka mesin diesel harus dibuat dari bahan yang tahan tekanan tinggi serta mempunyai struktur sangat kuat. Dengan ini maka pelanggan tidak perlu khawatir komponen kendaraannya mudah rusak.

Dengan keunggulan keunggulan tersebut maka tidak heran bila mesin diesel masih menjadi andalan khususnya pada mobil-mobil komersial. [Adi/Ikh]


Komentar