Ini Dia All-new Yamaha V-Ixion Berteknologi VVA Share this
Motor Baru
Mode baca

Ini Dia All-new Yamaha V-Ixion Berteknologi VVA

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 27 April 2017

Foto: All-new Yamaha V-Ixion VVA (Foto: Ikh)

JAKARTA - Selain meluncurkan all-new Yamaha V-Ixion, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga mengenalkan all-new Yamaha V-Ixion R. Tipe ini yang paling dinanti karena menggunakan mesin kapasitas 155cc 6-speed teknologi VVA (Variable Valves Actuation).

All-new Yamaha V-Ixion R menyuguhkan banyak hal baru untuk konsumennya di Indonesia. Fokus utama adalah jantung penggerak.

Mesin all-new Yamaha R15 juga dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch itu yang menjadi senjata utama all-new Yamaha V-Ixion R untuk menggugurkan para pesaingnya. Sebab mesin tersebut, selain bertenaga juga irit bahan bakar. Untuk urusan mesin, Yamaha Indonesia sama sekali tidak mengubah seting mesin 155cc VVA untuk all-new Yamaha R15 dan all-new Yamaha V-Ixion R. Alhasil tenaganya sama persis.

"Dengan mesin 155cc dan teknologi baru VVA, diharapkan (Yamaha V-Ixion R) bisa mendominasi di jalanan. Ini juga menjadi bukti kami mengerti keinginan konsumen yang ingin naked bike lebih bertenaga namun ramah lingkungan," kata Dyonisius Beti selaku Vice President Director PT YIMM di Jakarta, Kamis (27/4/2017).

All-new Yamaha V-Ixion VVI IIMS 2017 Speedometer All-new Yamaha V-Ixion VVI

Desain all-new Vixion R juga mengalami penyegaran, pada speedometer digital barunya sudah dilengkapi Shift Timing Light selain sapaan humanis “HI BUDDY” seperti all-new Yamaha V-Ixion "versi murah".

Lampu depan dan belakang juga sudah LED serta dilengkapi dengan lampu hazard. Bentuk muffler All New Vixion R berbeda dengan all-new Vixion karena menggunakan muffler dengan ukuran lebih pendek untuk menanggapi mesin berperformanya.

Perbedaan lain pada wheelbase. Jika all-new Yamaha V-Ixion memiliki wheelbase 1.295 mm, sementara all-new Yamaha V-Ixion R lebih panjang atau 1.320 mm. Selain itu tipe ini cuma mengandalkan electric starter untuk menyalakan mesin motor.

All-new Yamaha V-Ixion VVI IIMS 2017 Bokong all-new Yamaha V-Ixion VVI

Klaim Yamaha, naked bike all-new V-Ixion cocok digunakan untuk menunjang aktivitas harian sedangkan all-new Vixion R selain aktivitas harian juga nyaman digunakan sebagai sahabat perjalanan jauh. All-new Vixion R tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Matte Red Black, Blue Silver dan Green White.

Berapa harganya? Pihak YIMM belum mau terbuka soal ini. Namun, Dyon sapaan akrab Dyonisius Beti mengutarakan ingin membanderolnya di bawah Rp 30 juta. Dan waktu peluncuran direncanakan pada semester-II tahun ini. [Ikh]

Spesifikasi All-new Yamaha V-Ixion R:

Length x Width x Height1950 x 720 x 1025 mm
Wheelbase1320 mm
Ground clearance165 mm
Seat height795 mm
Curb weight131 Kg
Fuel tank capacity12 L
Engine typeLiquid Cooled 4-stroke, SOHC
Cylinder arrangementSingle Cylinder
Bore x stroke58 x 58.7
Maximum power14.2 kW / 10000 rpm
Maximum torque14.7 Nm / 8500 rpm
Starting systemElectric Starter
Frame typeDiamond
Rear suspensionSwing Arm
Wheel typeTubeless
Front wheel90/80-17M/C 46P
Rear wheel130/70-17M/C 62P

Komentar