Ini Dia All-new MINI Countryman Plug-in Hybrid Share this
Mobil Baru
Mode baca

Ini Dia All-new MINI Countryman Plug-in Hybrid

Denny Basudewa
pada 27 Oktober 2016

Foto: All-new MINI Countryman Plug-in Hybrid

MUNICH – MINI akhirnya membuka selubung unit pertama yang menggunakan teknologi plug-in hybrid.

Dalam keterangan resminya, teknologi dua jantung penggerak itu tersimpan pada all-new MINI Cooper S Countryman E All4. Mobil ini menawarkan pilihan berkendara yang menekankan pada efisiensi BBM. Arti "All4" adalah menyimpan sistem penggerak roda all-wheel-drive.

Ketika pengendara membutuhkan tenaga yang lebih besar, mesin bensin 3-silinder (menggerakkan roda depan) akan membantu motor listrik (menggerakkan roda belakang) sehingga total tenaga yang dihasilkan adalah 224 hp. Mesin konvensional sendiri adalah 1.5-liter bertenaga maksimal 136 hp.

Kemampuan mobil asal Inggris ini kian mengagumkan karena mengkonsumsi bahan bakar rata-rata 14,2 per liter dengan kadar emisi CO2 sebesar 49 gram per kilometer.

MINI menempatkan baterai lithium-ion di bawah kursi baris kedua dan kondisinya sangat aman. Aktivitas pengendaraan lebih asik saat baterai yang terisi penuh mampu mengantarkan mobil hingga jarak tempuh 40 km.

Namun akan bergerak lebih cepat jika mesin bakarnya menyala. Klaim MINI hanya membutuhkan waktu 6,9 detik untuk berakselerasi 0-100 kpj dengan syarat mesin 1.5-liter menyala sejak awal.

All-new MINI Countryman Plug-in Hybrid Interior masih menggunakan desain lawas

Masuk ke interior Anda akan menemukan panel instrument pada mobil ini masih menggunakan desain lawas yang berguna untuk memantau daya listrik yang tersisa.

Pada bagian dashboard akan terlihat drive mode AUTO eDRIVE, MAX eDRIVE dan SAVE BATTERY. Ketiganya menampilkan keunggulan teknologi baterai dan motor listrik yang tersimpan.

Dalam pengaturan AUTO eDRIVE, mobil mampu bergerak dibantu tenaga listrik hingga kecepatan 80 kpj. Dalam mode MAX eDRIVE mobil ini sanggup bergerak hanya didukung oleh motor listrik saja dan mampu mencapai kecepatan hingga 125 kpj.

Sementara dalam mode SAVE BATTERY hanya bisa digunakan jika baterai terisi penuh minimal 90 persen, di mana dalam proses pengisian standar membutuhkan waktu 3 jam 15 menit dari kondisi baterai kosong sampai terisi penuh.

Dijelaskan MINI fitur standar yang digunakan adalah Dynamic Stability Control (DSC). [Dew/Ikh]


Komentar