Ini Daftar Fitur & Keunggulan Kymco Xciting S 400 Share this
Motor Baru
Mode baca

Ini Daftar Fitur & Keunggulan Kymco Xciting S 400

Indra Prabowo
pada 13 Mei 2019

Foto: KYMCO XCITING S 400

KAOHSIUNG – Kymco Xciting S 400 dengan sejumlah fitur dan keunggulan layak untuk ditunggu oleh para pecinta maxi scooter di Indonesia. Tinggal bagaimana nanti harga Xciting S 400 harus menarik.

Menurut William Hsieh, manajer departemen penjualan untuk wilayah Asia, Afrika dan Osenia – Divisi Penjualan Kymco Group, Xciting S 400 akan dijual di Indonesia antara kuartal III atau IV 2019.

Harga Xciting S 400 diperkirakan akan lebih mahal dari harga Xciting 400i Rp 108 juta on-the-road ketika diniagakan di Indonesia. Inilah yang harus menjadi perhatian Kymco Indonesia di bawa PT Smart Motor Indonesia.

Desain dan Dimensi
Desain baru Kymco Xciting S 400 lebih agresif dengan banyak pahatan dari depan, samping hingga belakang. Bagian paling depan (front end) terinspirasi dari origami, seni melipat kertas dari Jepang.

Lampu depan dan belakang baru dengan model lebih tajam kini menggunakan LED termasuk DRLs (daytime running lights) untuk memancarkan aura modern, menghemat energy dan lebih tahan lama. Selain itu tentunya meningkatkan keselamatan secara visibilitas.

Windscreen pun sekarang bisa diatur 5-level. Dengan begitu berbagai postur pengendara dapat berlindung di balik windscreen dari terpaan cuaca saat berkendara.

Desain baru membuat dimensi model baru menjadi lebih besar dari panjang 2.220 x 795 x 1.285 mm menjadi 2.175 x 805 x 1.415 mm. Wheelbase dimelarkan 5 mm menjadi 1.570 mm.

Noodoe & Glove Box
Desain instrument multifunction Xciting 400i menjadi kuno ketika kita melihat versi Xciting S 400. Instrument cluster yang ditawarkan oleh Xcting S 400 lebih modern dengan serba digital dan berdesain seperti sayap. Di bagian tengah instrument cluster terdapat fitur Noodoe Navigation – system navigasi satelit yang sederhana dan aman bagi pengendara, serta terkoneksi dengan smartphone.

Sebagai maxi scooter serbaguna, Xciting S 400 dilengkapi dengan sepasang electric auto-lock glove box untuk menyimpan berbagai barang termasuk smartphone, sarung tangan. Di dalam glove box tersedia USB charger port. 

Chassis & Mesin
Sebagai skuter sport touring Kymco Xciting S 400 pun dipercaya akan lebih nyaman dibawa harian dan gurih diajak berkelana ke luar kota di akhir pekan dibandingkan Xciting 400i.

Kymco membenahi chassis Xciting S 400 dengan meredesain hanger-axle (gantungan-gandar) agar integrase antara mesin dan rangka menjadi lebih kuat. Selain itu, sepasang titian suspensi depan (double bridge front suspension), biasanya hadir di skuter-skuter yang lebih besar, ditingkatkan rigiditasnya. Sentuhan-sentuhan baru ini diklaim meningkatkan kemampuan manuver dan stabilitas kecepatan tinggi.

Xciting S 400 menggunakan mesin Xciting 400i dengan modifikasi. Mesin Xciting S 400 kini memenuhi standar Euro 4. Jantung mekanis 1-silinder, 400cc, SOHC, fuel injection, melontarkan tenaga 26,5 kW (35,5 HP) pada 7.500 rpm (Xciting 400i pada 7.000 rpm) dan torsi 38,1 Nm pada 6.250 rpm (sebelumnya 37 Nm pada 6.000 rpm).

Tenaga dan torsi di atas diklaim oleh Kymco merupakan terbaik di segmennya. Lembut, akselerasi responsif dan bertenaga ketika digeber di lintasan panjang.

Jok
Kymco melengkapi Xciting S 400 dengan jok dual-stage seperti Xciting 400i, namun sandaran jok depan dibuat lebih besar agar pengendara lebih nyaman. Bagian ujung depan (front end) jok tetap meruncing agar pengendara mudah menurunkan kakinya kapan dan di mana saja. Ketinggian jok masih sama 810 mm.

Jika Xciting 400i menggunakan jok tunggal dengan dual-stage, sementara S 400 menganut jok ganda dual-stage. Walhasil ketika kita membuka bagasi, jok belakang S 400 tidak ikut terangkat.

Bagasi yang dapat memuat helm ini dapat dibuka dengan dua cara: menekan sebuah tombol kecil di setang kiri atau dengan kunci.

Kaki-kaki dan Fitur Keselamatan
Suspensi depan garpu teleskopik dan belakang double swing with 5-steps preload adjustment sama seperti pendahulunya. Ban depan masih berukuran 120/70-15 dan belakang 120/70-14, semuanya tubeless.

Untuk penghenti putaran roda, Kymco mempertahankan rem cakram tunggal di depan berukuran 240 mm dan cakram ganda di belakang berukuran masing-masing 280 mm.

Kymco memperkaya fitur keselamatan dengan sistem rem ABS Bosch 9.1 dan rear-wheel lock (kunci roda belakang yang tuasnya kini di setang kiri). [Idr]


Komentar