Ini Beda Suzuki Ertiga dan XL7 Share this
Mobil Baru
Mode baca

Ini Beda Suzuki Ertiga dan XL7

Adi Hidayat
pada 17 February 2020

JAKARTA – Meski menggunakan platform yang sama, PT Suzuki Indomobil Sales menegaskan bahwa Ertiga dan XL7 sama sekali berbeda.

Selain dari desain, ada beberapa perbedaan Suzuki XL7 dengan Suzuki Ertiga namun tidak dapat terlihat dengan mudah. Hal ini disampaikan oleh Donny Saputra, Head of Marketing 4W PT SIS di sela-sela peluncuran Suzuki XL7.

“Ada beberapa detail komponen yang berbeda antara XL7 dengan Ertiga. Sebagai contoh, meski tidak kelihatan tapi desain tangki bahan bakarnya berbeda. Kaki-kaki juga sudah disesuaikan lagi agar sesuai dengan kebutuhan sebuah SUV,” ungkap Donny.

Dari sisi dimesi kendaraan pun cukup jelas berbeda. Suzuki Ertiga memiliki dimensi panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.690 mm dan ground clearance 180 mm. Sementara XL7 memiliki panjang 4.450 mm, lebar 1.775, tinggi 1.710 mm dan ground clearance 200 mm. Meski demikian wheelbase dua mobil tersebut sama.

Suzuki XL7 juga mendapat keistimewaan dengan fitur terbarunya yaitu smart e-mirror. Fitur ini merupakan spion tengah dengan fungsi untuk merekam kejadian pada sisi depan maupun sisi belakang mobil secara langsung. Perbedaan-perbedaan tersebut tentunya sangat sulit untuk terlihat secara sekilas pandang.

Namun, memang tidak dapat dipungkiri bahwa ada beberapa hal yang sama dengan Suzuki Ertiga. Salah satunya adalah mesin yang sama-sama menggunakan K15B berkapasitas 1.462 cc dan dapat menghasilkan daya sebesar 104,7 PS pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. Daya tersebut dialirkan pada transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Demikian pula fitur keselamatannya yang sama-sama sudah dilengkapi oleh fitur ABS & ABD, dual SRS airbag, ISOFIX, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Programme (ESP), sensor parkir, kamera belakang, serta kunci immobilizer.

Untuk harga, Suzuki XL7 dijual dengan harga mulai dari Rp 230 juta hingga Rp 267 juta. Sementara Suzuki Ertiga dijual dari Rp 205 juta hingga Rp 260,5 juta. [Adi/Ari]


Komentar