Ini Alasan Rossi Kembali Melempem di Motegi Share this
MotoGP
Mode baca

Ini Alasan Rossi Kembali Melempem di Motegi

Denny Basudewa
pada 21 Oktober 2018

Foto: Valentino Rossi di Motegi

MOTEGI – Valentino Rossi hanya mampu menempati grid sembilan pada sesi kualifikasi MotoGP Jepang 2018.

Sesuai dengan prediksi sebelumnya, Rossi dikatakan hanya kebetulan bisa bersaing dengan pembalap terdepan di Thailand. Terbukti pada sesi Free Practice hingga kualifikasi, pria asal Italia tersebut hanya mampu bercokol pada urutan sembilan.

Masalah yang dihadapi oleh Rossi lagi-lagi mengarah pada grip ban yang tidak maksimal. Walhasil Yamaha M1 yang Ia tunggangi tidak bisa tampil maksimal. Namun berdasarkan pengakuan The Doctor, penyebab dirinya kembali tampil melempem terdapat kesalahan ban belakang.

Rossi tidak menjelaskan secara terperinci masalahnya. Namun juara dunia sembilan kali ini, jika tidak melakukan kesalahan itu maka Ia akan memulai lomba di baris kedua. Beberapa pihak mengatakan bahwa tekanan ban belakang motor Rossi tidak sesuai.

“Tidak begitu fantastis, tapi juga tidak terlalu jelek. Kecepatan saya terus berkembang dari kemarin. Tidak ada yang spesial, tapi lima pembalap di depan memiliki kecepatan yang relatif sama. Sayangnya kami melakukan kesalahan saat masuk pit sehingga saya kehilangan grip ban belakang,” ucap Rossi seperti dikutip Crash.

Balapan di Motegi hanya berharap bisa berada di podium pada akhir lomba atau setidaknya masuk lima besar. Selain masalah ban, tim Yamaha juga masih berkutat dengan hal lainnya. MotoGP 2018 akan menjadi catatan paling buruk mereka selama ini.

Tercatat Yamaha sudah absen memenangkan balapan sejak MotoGP Assen 2017. Maverick Vinales juga dikatakan mengalami masalah pada motornya sehingga tidak bisa tampil maksimal pada rangkaian MotoGP Jepang 2018. [Dew/Ari]


Komentar