Ingin Punya Tim Moto2? Siapkan Dana Rp 39,7 Miliar Share this
MotoGP
Mode baca

Ingin Punya Tim Moto2? Siapkan Dana Rp 39,7 Miliar

Denny Basudewa
pada 04 Oktober 2017

Foto: Tim Moto2

AGNO – Memiliki sebuah tim Moto2 dalam satu musim harus mengeluarkan dana sebesar Rp 39,7 miliar.

Gelaran balap kelas dunia seperti MotoGP memiliki pamor sangat istimewa di mata para penggemarnya. Tim hingga pembalapnya akan mendapatkan popularitas dan sejalan dengan pundi-pundi uang yang masuk ke dalam rekening.

Sebagai pemilik tim, berlaga di event kelas dunia merupakan unit bisnis yang menguntungkan. Namun hal tersebut (keuntungan) jika sebuah sebuah tim mampu mengelola para sponsor dan pembalap yang dikontraknya.

Berdasarkan Giovanni Cuzari yang merupakan pemilik tim Forward Racing di Moto2, membocorkan biaya yang dikeluarkannya selama satu musim. Terungkap bahwa dana yang dikeluarkannya dalam satu musim, mirip dengan tim satelit MotoGP.

Tim Moto2 Biaya tim Moto2 Photo by : Crash

“Dorna dan IRTA melakukan hal yang luar biasa dengan MotoGP. Sekarang kami harus membayar biaya yang sama jika memilki tim Moto2 dan Moto3,” ujar Cuzari.

Menurutnya Ia harus mengeluarkan dana hingga Rp 39,7 miliar untuk berlaga di Moto2 dalam satu musim. Tercatat untuk membayar gaji dua pembalap saja dibutuhkan dana hingga Rp 2,06 miliar dalam satu musim balapan.

Sedangkan dalam catatannya Cuzari menyetor uang sebesar Rp 2,3 miliar kepada DORNA selaku penyelenggara. Kemudian biaya perjalanan dalam satu musim, Ia menghabiskan sekitar Rp 28,9 miliar.

Pria asal Italia itu mengritisi keputusan baru MotoGP yang mengharuskan sebuah tim, membayar sejumlah uang tambahan. [Dew/Ikh]

Sumber : Crash


Komentar