Ingin Punya Bisnis Jual BBM? Ini Syaratnya Share this
Berita Motor
Mode baca

Ingin Punya Bisnis Jual BBM? Ini Syaratnya

Ahmad  Richad
pada 02 March 2020

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) membuka peluang kerjasama kemitraan bisnis Pertashop kepada Pemerintahan Desa, Koperasi serta pelaku usaha atau UKM di seluruh Indonesia.

Nantinya melalui kerja sama ini, Pertamina menargetkan akan membangun satu Pertamina Shop (Pertashop) di tiap kecamatan yang belum memiliki lembaga penyalur Pertamina. Tercatat dari 7.196 kecamatan yang ada di Indonesia, 3827 lainnya belum memiliki SPBU.

“Pertamina sebagai agent of development, akan selalu mendorong pertumbuhan ekonomi negara, salah satunya melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Untuk itulah, Pertamina membuka peluang kerjasama kemitraan ini,” kata Mas’ud Khamid, Direktur Pemasaran Retail Pertamina, dalam Kick Off Pertashop di Nusa Dua, Bali, Kamis (27/2). 

Mengenai konsepnya, Mas’ud menjelaskan, program ini memiliki tiga kategori yakni Gold, Platinum dan Diamond. Pertashop jenis Gold berkapasitas penyaluran 400 liter per hari dengan luasan lahan yang dibutuhkan sekitar 144 meter persegi. Lokasi dari desa ke SPBU, lebih dari 10 Km atau sesuai dengan hasil evaluasi.

Adapun jenis Platinum, berkapasitas penyaluran 1.000 liter per hari, memiliki tangki penyimpanan 10 KL, luas lahan 200 meter persegi dan lokasinya di kecamatan yang belum terdapat SPBU. 

Sementara untuk jenis Diamond berkapasitas penyaluran 3.000 liter perhari, memiliki tangki timbun 10 KL, luas lahan 500 meter persegi dan berlokasi di kecamatan yang belum terdapat SPBU.

Mas’ud menambahkan, bagi yang berminat kerjasama bisnis Pertashop bisa menyiapkan lahan/lokasi yang sesuai dilengkapi dokumen badan usaha atau badan hukum, nanti akan dilakukan survei lapangan untuk melihat kelayakan dari omset dan jarak dengan SPBU.

Setelah itu dilakukan pengurusan administrasi perijinan ke Pemda selanjutnya mengajukan desain dan pembangunan, tahap akhir adalah kontrak kerjasama dengan Pertamina antara 10 – 20 tahun. [Ric/Idr]


Komentar