Indonesia Diecast Expo 2016 Diserbu Para Kolektor Share this
Aksesoris
Mode baca

Indonesia Diecast Expo 2016 Diserbu Para Kolektor

Denny Basudewa
pada 29 Oktober 2016

Foto: Ribuan diecast dipamerkan

JAKARTA – Indonesia Diecast Expo (IDE) 2016 resmi dibuka. Event yang digelar selama dua hari (28-29/10) ini sekaligus menjadi ajang peluncuran Majalah Diecast Indonesia (MDI) edisi keempat.

Bertempat di Balai Kartini, Jakarta Selatan, pameran mainan ini ditujukan bukan hanya untuk anak-anak saja. Orang dewasa juga banyak yang hadir meramaikan acara rutin tahunan tersebut. Acara ini menampilkan ribuan koleksi diecast dari berbagai penjual, kolektor dan komunitas.

Berkembangnya penggemar dan pencinta diecast di Tanah Air, menjadi salah satu pendorong terselenggaranya acara ini. Pertumbuhan minat para penggiat diecast tersebut diapresiasi dalam bentuk pameran.

Dengan mengusung tema “Japan Domestic Market”, IDE 2016 dipenuhi dengan berbagai produk-produk yang berasal dari negeri Sakura tersebut. Adapun Jepang sendiri merupakan salah satu kiblat pada industri diecast di Indonesia.

“Ini merupakan event ketiga dari Indonesia Diecast Expo dan masih menggunakan tempat yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya. IDE 2016 tidak hanya memanjakan pengunjung, namun menjadi ajang silaturahmi para komunitas diecast,” ujar Arya Lembana selaku ketua panitia IDE 2016.

Menurutnya, yang spesial pada event kali ini adalah kehadiran dari para kolektor kawakan yang sebelumnya enggan menunjukkan “simpanannya”. Para penjual diecast di IDE 2016 juga berasal dari berbagai kalangan abik online maupun toko-toko.

“IDE 2016 juga menampilkan kompetisi balap dan lomba custom diecast. Selain itu kami juga melakukan lelang diecast dan masih banyak keseruan lainnya sampai besok,” jelas Arya.

IDE 2016 memasang target 15 ribu pengunjung dari dua hari penyelengaraan pameran. Kalau pada tahun sebelumnya hanya membukukan transaksi sebesar Rp 1 miliar, tahun ini IDE menargetkan transaksi hingga Rp 10 miliar.

“Harapan kita adalah acara ini berjalan sesuai ekspektasi. Karena ini bicara hobi sehingga lebih emosional jika bicara daya beli masyarakat. Tujuan kami adalah baik pengunjung maupun penjual merasa happy datang ke sini,” jelas Arya.

Menurut rencana, IDE akan terus berlanjut hingga tahun-tahun ke depan. Arya berani memastikan bahwa IDE 2017 akan lebih menarik daripada tahun ini. Buat OS Lovers yang mengaku diecaster sejati, rasanya haram untuk melewatkan event ini. [Dew/Ikh]


Komentar