Indonesia Diecast Expo 2016 Bukukan Transaksi Rp 3 Miliar Share this

Indonesia Diecast Expo 2016 Bukukan Transaksi Rp 3 Miliar

Denny Basudewa
pada 31 Oktober 2016

Foto: Indonesia Diecast Expo 2016

JAKARTA – Indonesia Diecast Expo (IDE) 2016 berjalan dengan sukses, di mana mencatat jumlah pengunjung hingga 11.882 orang dengan jumlah transaksi mencapai Rp 3 miliar.

Setelah resmi dibuka oleh Letjen (Purn) Soeyono selaku Ketua Dewan Pembina IDE, gelaran tersebut diserbu para kolektor diecast.

Upacara seremonial pembukaan IDE 2016, dibarengi dengan peluncuran Majalah Diecast Indonesia (MDI) edisi keempat. Majalah diecast satu-satunya di Indonesia ini diklaim untuk melengkapi ekosistem para pecinta diecast.

“Majalah Diecast Indonesia hadir untuk melengkapi ekosistem diecast yang sebenarnya sudah lama terbentuk di Indonesia, yang dapat dilihat dari tumbuhnya komunitas diecast di seluruh penjuru Tanah Air,” ucap Feldani Efendi, Pimpinan Umum MDI.

IDE 2016 diklaim berbeda dari event tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dengan adanya area bermain dan kompetisi balap diecast untuk anak-anak. Selain itu, panitia acara juga menampilkan diorama kereta api guna menghibur pengunjung anak-anak.

“Banyaknya pengunjung anak-anak, membuat kami melakukan beberapa penyesuaian pameran. Untuk mengakomodir kepentingan pengunjung anak-anak, kami menambah arena bermain dan kompetisi balap diecast untuk pengunjung tersebut,” ujar Arya Lembana selaku ketua penyelenggara IDE 2016.

Sebagai salah satu tradisi IDE, panitia acara kembali melakukan lelang diecast. Tidak hanya melibatkan diecast dari para kolektor dan komunitas, lelang kali ini juga melibatkan penyelenggara dengan tema Nusantara.

7 unit diecast dan sejumlah official event car menjadi barang lelang yang siap diperebutkan oleh para pengunjung. Pada hari pertama pameran, 3 unit diecast berhasil terjual di angka Rp 12,7 juta. Sementara pada hari kedua, 4 unit terjual dengan total nominal sebesar Rp 13 juta. Nilai tersebut berhasil memecahkan rekor tahun lalu yang hanya membukukan Rp 7,2 juta.

Hasil lelang sendiri akan disumbangkan kepada Yayasan Posko Kemanusiaan Peduli Umat, Yayasan Bina Grahita dan Yayasan Sahabat Negeri. Santunan tersebut berkaitan dengan program aksi seribu mainan. [Dew/Ikh]


Komentar