Imanuel Pratna Incar Tiga Besar di WSSP300 2018 Share this
Balap Lain
Mode baca

Imanuel Pratna Incar Tiga Besar di WSSP300 2018

Ary Dwinoviansyah
pada 04 Maret 2018

JAKARTA - Imanuel Pratna menjadi salah satu pembalap Indonesia yang berlaga di World Supersport 300 (WSSP300) 2018. Di salah satu kelas dalam kejuaraan World Superbike (WSBK) itu, Imanuel mengincar posisi tiga besar.

Seperti diketahui, Imanuel sudah terdaftar sebagai petarung WSSP300 2018 dan bernaung di tim Terra E Moto Racing. Menariknya adalah bukan Imanuel yang mengajukan diri, melainkan tim Terra E Moto yang menawarkan kesempatan tersebut.

"Tim Terra E Moto sudah melihat saya sejak mengikuti Yamaha Master Camp VR46 Riders Academy selama 2 tahun. Setelah itu, mereka mengirim email di Agustus 2017. Saya langsung mengikuti tes bersama mereka di Sirkuit Misano, Italia, September 2017," kata Imanuel.

Menurutnya, pihak tim langsung setuju untuk menggunakan jasa Imanuel karena melihat hasil tesnya bersama Yamaha YZF-R3. Mereka cukup terkejut karena Imanuel catatan waktunya signifikan.

"Saat tes, saya memakai motor dari pembalap sebelumnya. Tapi, mereka kaget karena saya bisa mencapai best time yang baik," sahut pria yang akrab di sapa El ini ketika berbincang di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara (3/3/2018).

Imanuel Pratna WSSP300 2018 Imanuel Pratna mendapatkan dukungan dari Yamaha Indonesia dan Prime Gears.

Atas dasar itu pula El cukup yakin bisa kompetitif mengawali debutnya di WSSP300. Walaupun, pihak tim belum memberikan target tertentu.

"Target dari tim memang belum ada. Tapi, yang pasti target pasti ada karena akan percuma kalau saya cuma sekedar ikutan saja. Saya akan memaksimalkan kesempatan ini dan kalau target pribadi saya ingin ada di tiga besar. Untuk target selanjutnya kami akan lihat setelah seri 1 WSSP300 di Aragon, Spanyol," papar El.

Tidak hanya ke WSSP300, El juga akan berkompetisi di ajang Campionato Italiano Velocita (CIV) sebuah balapan lokal Italia. Dia mengatakan balapan ini akan dimanfaatkannya sebagai wadah untuk beradaptasi dengan kultur balapan di luar negeri dan memaksimalkan YZF-R3.

"Tentu menjadi kebanggaan bagi kami sebagai orang tua dan keluarga. Apalagi, jika El bisa menang, pasti akan menjadi kebanggaan bagi negara," ucap Waryanto, ayahanda El.

Tidak hanya itu, El juga mendapatkan dukungan dari Yamaha Indonesia. Minoru Morimoto, Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) datang langsung sebagai bentuk dukungannya kepada El. Seperti diketahui, Yamaha Indonesia lah yang membawa El ikut di kursus balap di VR46 Riders Academy bimbingan pembalap MotoGP, Valentino Rossi.

Hal yang tak kalah penting adalah El menggunakan helm Arai RX-7X support dari Prime Gears.

"Saya melihat El pembalap berbakat dan kalau ada dorongan yang kuat dia pasti bisa maju dan juga cukup muda. Sebagai bentuknya, kami mendukung El dengan produk yang dipasarkan oleh Prime Gears," pungkas Harryanto Suherman, pemilik Prime Gears selaku distributor resmi Arai di Indonesia. [Ary/Ari]


Komentar