iCar Asia Umumkan ASEAN Car of the Year 2016 Share this
Berita Mobil
Mode baca

iCar Asia Umumkan ASEAN Car of the Year 2016

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 16 Desember 2016

Foto: ASEAN Car of the Year 2016

JAKARTA – Pemilik jaringan portal otomotif nomor 1 di ASEAN, iCar Asia, mengumumkan ASEAN Car of the Year 2016. Seperti tahun lalu, ACOTY 2016 melibatkan tiga negara dengan penjualan otomotif terbesar di ASEAN yakni Indonesia, Malaysia dan Thailand.

Alif Priyono, Country Manager iCar Asia di Indonesia dengan brand Mobil123.com dan Otospirit.com, mengatakan, penghargaan ini salah satu bentuk apresiasi kepada produsen otomotif dalam memenuhi kebutuhan para konsumen mobil di ASEAN khusus Indonesia.

"ASEAN Car of the Year 2016 untuk mendorong perusahaan-perusahaan otomotif untuk bersaing menjual mobil-mobil terbaik bagi para pelanggan. Penghargaan ini sekaligus bentuk pengakuan bahwa mobil adalah sebuah kebutuhan penting di tengah masyakat Indonesia," jelas Alif.

Untuk menentukan pemenang ACOTY 2016, satu panel juri yang terdiri dari jurnalis-jurnalis di iCar Asia serta dari sejumlah media lain melakukan penjurian sejak 24 Oktober - 1 Desember 2016.

Sebelum melangkah ke babak tertinggi ACOTY, di masing-masing negara para juri memberikan penilaian terhadap mobil-mobil yang sedang dijual di masing-masing negara mereka, dan dibagi berdasarkan beberapa kategori atau kelas sesuai pasar. Khusus untuk Indonesia, ada 27 kategori.

Mobil-mobil yang berhak masuk ke babak ACOTY harus merupakan pemenang kategori dan harus dijual di tiga negara sekaligus.

Para pemenang kategori bersaing secara ketat untuk meraih gelar best of the best ACOTY 2016. Dan ASEAN Car of the Year (ACOTY) 2016 akhirnya menemui pemenangnya.

Mobil asal Jepang Mazda CX-5 dinobatkan sebagai pemenang ASEAN Car of the Year (ACOTY) 2016. Sementara itu, first runner up diraih oleh Honda Civic dan second runner up direbut mobil asal Jerman Mercedes-Benz C-Class. Ketiga mobil dari dua negara berbeda itu berhasil menarik perhatian dewan juri asal Indonesia, Malaysia dan Thailand.

Ada pun kriteria penjurian adalah price; safety yang meliputi safety telematics, active safety, passive safety; performance yang terdiri dari ride comfort, handling, engine performance; serta quality berupa fit & finish (kualitas interior kabin penumpang), interior design, exterior design.

Penjurian dilakukan berdasarkan nilai yang dimiliki oleh para juri. Setiap juri diwajibkan memberikan range angka 1-10 untuk memilih mobil terbaik pada masing-masing kategori finalis ASEAN Car of the Year 2016. Dewan juri telah memberikan penilaian berdasarkan pengetahuan mereka terhadap masing-masing mobil.

"Kami mencoba memadukan karakter konsumen dari tiga negara. Dan hasil ASEAN Car of the Year 2016 kami harapkan bisa menjadi panduan bagi para calon konsumen di dalam negeri dalam hal membeli mobil," tutup Arie Prasetya, Ketua Dewan Juri. [iCar Asia]

ASEAN Car of the Year 2016


Komentar