iCar Asia Ukir Kenaikan Pendapatan 39 Persen Share this
Berita Mobil
Mode baca

iCar Asia Ukir Kenaikan Pendapatan 39 Persen

Denny Basudewa
pada 23 January 2020

Foto: Hamish Stone CEO iCar Asia Limited

JAKARTA – iCar Asia Limited sebagai induk dari Mobil123.com dan Otospirit.com mencatat penerimaan kas kuartal keempat 2019, sebesar AUD 4.2 juta, naik 39 persen dibandingkan 2018.

Perusahaan mencatat penerimaan kas tunai untuk Q4 2019 sebesar AUD 4,2 juta, naik sebesar AUD 1,2 juta atau 39 persen dibandingkan dengan Q4 2018. Pertumbuhan ini diperoleh dari besarnya pendapatan di semua bisnis unit termasuk Mobil Bekas & Mobil Baru di tiga negara ( termasuk event Malaysia), serta didukung juga oleh operasional Carmudi Indonesia selama satu setengah bulan. Bahkan akuisisi Carmudi pun tidak berdampak terhadap hasil pencapaian rekor penerimaan tunai di Q4 2019.

Pertumbuhan pendapatan yang stabil dan pengeluaran yang lebih rendah, menyebabkan penurunan yang signifikan, dalam perputaran keuangan bersih operasional sebesar 25 persen dari Q4 2018 dan 37 persen, selama setahun bila dibandingkan 2018.

Ini adalah hasil dari operasional iCar Asia di Malaysia dan Thailand yang sekarang konsisten menjadi kontributor cash flow yang positif, Indonesia mengurangi separuh pengeluaran dan menjaga biaya perusahaan tetap stabil dibandingkan 2018. Hasil ini termasuk biaya akuisisi Carmudi, dampak awal operasi bisnis Carmudi sebelum diakuisisi sepenuhnya telah direalisasikan, ditambah sejumlah pengeluaran di Q4 termasuk peningkatan asuransi premi.

Perusahaan menutup tahun dengan pendapatan sebesar AUD 6,8 juta, setelah pembayaran awal yang dikeluarkan dari pembelian Carmudi sebesar AUD 2,29 juta. Selain itu perusahaan juga memiliki akses dana tambahan sebesar AUD 5 juta dalam bentuk fasilitas hutang.

Perusahaan juga berharap penggunaan kas dipergunakan untuk pengembangan bisnis menjadi kas impas dan tidak menggunakan fasilitas penarikan pinjaman atau mengakses modal lain di dalam perencanaan saat ini.

Setelah group mencapai titik impas EBITDA pada November 2019, prospek di tahun 2020 sangatlah positif. iCar Asia berada di jalur yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan pendapatan yang diperkirakan mencapai 50 persen atau lebih dari tahun ke tahun.

Pertumbuhan ini akan dicapai melalui konsistensi dari bisnis grup serta kontribusi dari Carmudi Indonesia selama setahun ke depan. Dengan pandangan ini, grup diharapkan menghasilkan perputaran keuangan yang positif pada semester kedua tahun 2020 sesuai pedoman sebelumnya dan memberikan EBITDA positif secara bertahap untuk tahun 2020.

“Tahun 2019 adalah tahun yang sukses bagi Group, karena kami mencapai titik impas EBITDA pada November 2019, satu bulan lebih awal dari target kami. Dengan selesainya akuisisi Carmudi Indonesia, kami menantikan tahun yang lebih sukses di 2020 di mana kami akan memantapkan posisi kami sebagai pemimpin pasar di tiga negara sehingga mengembangkan portofolio keuntungan yang lebih besar,” tukas hamish Stone, CEO iCar Asia. [Dew/Idr]


Komentar