iCar Asia Lampaui Target Pendapatan di Q3 2019 Share this
Berita Mobil
Mode baca

iCar Asia Lampaui Target Pendapatan di Q3 2019

Insan Akbar
pada 21 Oktober 2019

JAKARTA – iCar Asia, induk perusahaan Mobil123.com dan Otospirit.com, berhasil melampaui target pendapatan di kuartal ketiga 2019.

Sebagai informasi, iCar Asia memiliki bisnis situs jual-beli kendaraan plus pemberitaan otomotif di tiga negara. Di samping Indonesia, Malaysia dan Thailand juga mereka penetrasi.

Perusahaan yang berbasis di Malaysia itu, melalui keterangan resmi pada Senin (21/10/2019), mengumumkan pendapatan tak diaudit sebesar 3,9 dollar Australia sepanjang Juli – September kemarin. Angka tersebut tumbuh 29 persen dibandingkan periode sama tahun lalu (year on year/YoY), juga melebihi target pertumbuhan 27 persen yang dicanangkan.

Performa sangat positif ini digapai berkat pertumbuhan kuat dalam bisnis inti yakni jual-beli mobil bekas dan mobil baru. Bisnis mobil baru tercatat juga berhasil melaksanakan kampanye serta perencanaan even media.

Perusahaan melaporkan bahwa pengumpulan uang tunai untuk kuartal ketiga adalah 3,6 juta dollar Australia, naik 0,4 juta dollar Australia atau 13 persen dibandingkan Q3 2018. Pertumbuhan ini didorong oleh pengumpulan uang tunai yang kuat di semua unit bisnis termasuk mobil bekas dan mobil baru di ketiga negara.

Korporasi pun mengalami peningkatan penerimaan kas  dan pengeluaran yang lebih rendah menyebabkan penurunan yang signifikan dalam Cash Flow Operasi Bersih sebesar 45 persen YoY menjadi 1,5 juta dollar Australia. Ini adalah kuartal kelima berturut-turut dari peningkatan cash flow bersih yang kuat dan merupakan hasil dari operasi iCar Asia di Malaysia dan Thailand yang secara konsisten menjadi kontributor kas positif, sementara Indonesia mengurangi separuh  pengeluaran cash flow neto dan biaya perusahaan tetap stabil dibandingkan Q3 2018.

Hasil ini termasuk biaya cash flow yang keluar dari transaksi biaya yang terkait dengan akuisisi Carmudi. Kami memperkirakan tren akan berlanjut sampai akhir tahun 2019 karena perusahaan berkembang ke impas EBITDA bulanan run-rate pada akhir 2019. Perusahaan menutup Q3 dengan 11,1 juta dollar Australia dalam bentuk tunai dan setara kas.

“Kami telah memiliki 3 kuartal pertama yang memberikan hasil sangat baik pada tahun 2019 dan dengan membawa  momentum ini ke dalam kuartal terakhir tahun 2019. Kami berharap bisa mencapai progress pencapaian bulanan sesuai harapan sehingga bisa mencapai Break Even/Titik Impas di Group iCar Asia pada akhir tahun . Kami juga sangat senang dengan penyelesaian proses akuisisi Carmudi Indonesia karena akan menjadikan pertumbuhan bisnis di Indonesia  berkembang semakin baik dan juga di seluruh Grup,” kata Hamish Stone, COE iCar Asia. [Xan/Ari]


Komentar