iCar Asia Ambil Carmudi Indonesia Share this
Berita Mobil
Mode baca

iCar Asia Ambil Carmudi Indonesia

Helmi  Reinaldi
oleh Helmi Reinaldi
pada 19 September 2019

Foto: Hamish Stone, CEO iCar Asia

JAKARTA – iCar Asia, pemilik jaringan portal otomotif nomor 1 ASEAN, mengumumkan akuisisi Carmudi Indonesia.

Perusahaan yang dikenal di Indonesia dengan portal Mobil123.com dan Otospirit.com ini telah menandatangani perjanjian yang mengikat untuk mengakuisisi Carmudi Indonesia. Proses akuisisi ini menunggu pada tahap penyelesaian dokumen dan diharapkan akan selesai pada atau sekitar 15 Oktober 2019.

“Kami senang Carmudi Indonesia bergabung dengan iCar Asia dan semakin memperkuat posisi kami di pasar Indonesia di segmen Mobil Baru dan Mobil Bekas. Akuisisi ini mengukuhkan visi kami untuk menjadi platform yang digunakan konsumen untuk menyelesaikan semua kebutuhan otomotif mereka,” ujar Hamish Stone, CEO iCar Asia.

Perihal harga pembelian, iCar Asia akan mengucurkan dana sebesar USD 3 juta (sekitar AUD 4,4 juta) dan akan dibayar dari cadangan tunai dalam dua kali pembayaran. Pertama adalah sebesar USD 2,0 juta (sekitar AUD 2,9 juta) pada penyelesaian dan USD 1,0 juta (sekitar AUD 1,5 juta) pada 15 Oktober 2020.

Carmudi Indonesia memiliki bisnis Advertising dan bisnis Lead Generation (menghasilkan calon pembeli potensial)  melayani perusahaan Manufaktur Kendaraan terkemuka di Indonesia, dengan websitenya yang memiliki 2 juta pengunjung per bulan.

Saat ini iCar Asia memiliki hampir 6 juta pengunjung per bulan dan ada sedikit irisan audiensi yaitu sekitar 20% menurut Similar Web. Dengan gabungan Audiensi dan Bisnis Mobil Baru yang dimiliki iCar Asia saat ini, Akuisisi ini diharapkan akan menciptakan platform advertising yang lebih kuat bagi Industri Otomotif di Indonesia.

Akuisisi ini juga memberi iCar Asia peluang untuk memperluas  penguasaan market pada Bisnis Mobil Bekas dengan terakuisisinya Carmudi Indonesia.

Carmudi saat ini mengoperasikan 5 Pusat Penjualan Mobil offline yang disebut “Carcentro”. Ini adalah platform transaksi untuk dealer mobil bekas dan Perusahaan Pembiayaan kendaraan terkemuka, yang menghasilkan pendapatan berupa Komisi. Lima Carcentro telah beroperasi di Kota Semarang, Solo, Yogyakarta dan Surabaya.

Kombinasi bisnis di Indonesia ini diharapkan akan mendapatkan lebih dari dua kali revenue iCar Asia di Indonesia dengan tingkat pertumbuhan yang meningkat, melalui sinergi ini diharapkan  bisnis iCar Asia di Indonesia mencapai titik impas pada tahun 2020.  [Hlm/Idr]


Komentar