Hyundai Tucson 2019 Memesona dengan Fitur lebih Modern Share this
Mobil Baru
Mode baca

Hyundai Tucson 2019 Memesona dengan Fitur lebih Modern

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 29 Maret 2018

NEW YORK - Hyundai Tucson siap berkompetisi lagi dengan kompetitor sekelasnya. Apalagi, SUV negeri ginseng ini kian memesona dengan fitur lebih modern.

Di arena New York International Auto Show 2018, Hyundai bakal memperkenalkan berbagai line up produksinya. Termasuk pula edisi penyegaran Hyundai Tucson.

Tampilannya mengalami banyak ubahan dari generasi terdahulu, utamanya bagian depan. Walaupun bagian grill-nya baru, identitas cascading grille ala Hyundai tetap dipertahankan. Begitu pula dengan desain lampu utama dan DRL yang dipadu dengan elegannya lekukan tubuh depan dan belakang mobil.

Satu perbedaan yang juga kentara adalah Hyundai kini menyematkan velg berukuran 18 inchi di roda depan dan belakang. Sebelumnya, Hyundai Tucson menggunakan roda berukuran 17 dan 19 inchi. Sedikit ke belakang, Hyundai juga turut merevisi bentuk knalpot dari produknya ini.

"Dari perspektif desain, pengunjung akan mengenali harmonisasi Hyundai Santa Fe 2019 dan Tucson yang segar. Cirinya dapat terlihat dari cascading grill dan juga pada bagian belakang yang punya tampilan dramatis dan mewakili NDA Hyundai," kata Chris Champman, desainer utama Hyundai Motor America.

Hyundai Tucson 2019

Masuk ke bagian dalam, sejumlah sentuhan baru tampak pada bagian panel instrumen, dashboard hingga pelapis jok kulitnya. Namun, keutamaan di area ini adalah perangkat-perangkat canggih yang ditanamkan Hyundai terhadap Tucson 2019.

Perangkat hiburannya tidak hanya sudah terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Di dalamnya juga terdapat Blue Link® Connected Car System. Hyundai pun memanjakan penumpang belakang dengan USB charger dan di situ pula sudah tersedia Qi wireless charging yang bisa digunakan oleh smartphone berbasis Android, Apple Iphone 8 dan iPhone X.

Sektor mesin juga menjadi area yang turut diperbaiki. Hyundai Tucson 2019 mendapatkan peningkatan tenaga. Dua mesin yang ditawarkan yaitu mesin 2.0 liter empat silinder mampu menghasilkan tenaga sebesar 164 hp dan torsi 204 Nm. Sementara pilihan mesin 2.4 liternya sanggup mengeluarkan tenaga 181 hp dan torsi 237 Nm.

Kedua mesin ini bekerja dengan paduan transmisi otomatis enam percepatan. Namun, Hyundai Tucson juga menawarkan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan dengan adanya fitur shiftronic.

Fitur lain yang juga sudah menjadi standar Hyundai Tucson adalah Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) dan Lane Keeping Assist (LKA). Sistem FCA dirancang untuk membantu mendeteksi dan memantau kendaraan di depan dan memperingatkan pengemudi jika ada kemungkinan terjadinya tabrakan. Sistem ini juga menginisiasi pengereman secara otomatis. Sementara LKA mendeteksi jalur di jalan dan membantu kontrol kemudi jika kendaraan keluar dari jalur ketika kecepatan kendaraan lebih dari 40 mph. Selain itu ada pula fitur Smart Cruise Control with Stop-and-Go.

Rencananya Hyundai Tucson 2019 akan hadir di dealer-dealer Amerika pada musim gugur nanti. Namun, harga unitnya masih belum diumumkan.[Ary/Ari]


Komentar