Hyundai Terapkan Sistem Audio Individual di Mobilnya 2 Tahun Lagi Share this

Hyundai Terapkan Sistem Audio Individual di Mobilnya 2 Tahun Lagi

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 15 Agustus 2018

SEOUL - Hyundai Motor Company masih terus menjalankan program terkait pengadaan fitur Separated Sound Zone (SSZ) atau audio individual pada mobil-mobil buatannya.

Penerapan teknologi dari Hyundai ini kian mendekati kenyataan. Pabrikan asal Negeri Gingseng merilis informasi lebih detail lagi mengenai fitur SSZ tersebut.

Fitur ini didesain dengan maksud menciptakan suara di kabin mobil lebih privat. Tidak hanya untuk pengemudi, melainkan pula bagi penumpangnya saat mendengarkan audio seperti musik, panggilan telepon hingga peringatan yang diberikan oleh kendaraan.

Dengan begitu, pangemudi dan penumpang bisa mendengarkan suara yang terpisah satu sama lain. Itu lantaran teknologi pada SSZ dibuat sedemikian rupa agar bisa mengontrol suara dari masing-masing kebutuhan.

Pihak Hyundai menyebut salah satu kuncinya adalah dengan menggunakan lebih banyak speaker serta meningkatkan gelombang suaranya. Artinya, pengguna layanan ini tidak perlu khawatir dengan gejala tumpang tindih suara. Apalagi, untuk mendengarkannya tidak membutuhkan headphone.

Hyundai mengatakan hal ini perlu karena dengan adanya perangkat untuk headphone, maka akan membuat penghalang sosial antara pengemudi dengan penumpang atau sesama penumpang lainnya.

Tidak sekedar mendengarkan lagu favorit, orang yang ada di dalam mobil pun bisa melakukan pembicaraan via telepon secara individu. Selain itu, Hyundai juga sudah mengeliminasi suara yang tidak dibutuhkan oleh penumpang. Sebut saja arahan navigasi sampai tanda peringatan agar penumpang tetap nyaman dan tenang karena notabene informasi itu hanya dibutuhkan oleh pengemudi saja.

Teknologi SSZ sebenarnya sudah dikembangkan pertama kali, 2014 silam. Mereka berharap SSZ bisa diterapkan pada mobil produksi massal Hyundai dalam 1 atau 2 tahun ke depan. [Ary/Ari]


Komentar