Hyundai Sonata Hybrid 2020 dengan Atap Surya Share this
Mobil Baru
Mode baca

Hyundai Sonata Hybrid 2020 dengan Atap Surya

Helmi  Reinaldi
oleh Helmi Reinaldi
pada 30 Juli 2019

Foto: Hyundai Sonata Hybrid

SEOUL – Hyundai Sonata Hybrid 2020 menjadi andalan Hyundai di segmen sedan hybrid sekaligus menjadi pilihan selain Sonata bermesin bakar internal murni. 

Sekilas tidak ada yang berbeda dari desain Hyundai Sonata Hybrid dengan varian yang menggunakan mesin bakar internal murni. Namun jika diteliti lebih dekat, beberapa ubahan segar diterapkan oleh Hyundai pada bagian grille, spoiler belakang dan velg.

Salah satu bagian yang menarik perhatian dari Hyundai Sonata Hybrid adalah adanya sunroof yang dilengkapi dengan teknologi panel surya. Teknologi ini bakal mengisi ulang daya baterai yang mampu menambah jarak tempuh mobil.

Hyundai mengalkulasikan, dengan pengisian daya yang dilakukan selama 6 jam per hari melalui panel surya, diperkirakan mampu menambah jarak tempuh mobil hingga 1.300 km per tahun.

Hyundai juga menanamkan teknologi Active Shift Control baru pada Sonata Hybrid. Sebenarnya teknologi ini hanya dikemas dengan pemrograman yang baru. Teknologi ini mampu mengendalikan motor listrik untuk membuat rotasi mesin dan transmisi yang selaras, sehingga mengurangi waktu perpindahan gigi hingga 30%.

Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur yang disebut Digital Key. Fitur ini memungkinkan banyak pengaturan pada mobil dilakukan melalui smartphone. Ini mengandalkan teknologi dari Near Field Communication (NFC) yang membuat mobil dan ponsel dapat berinteraksi dari jarak beberapa sentimeter.

Tak cuma sampai di situ, dengan memanfaatkan Bluetooth Low Energy (BLE) communication, fitur Digital Key ini dapat digunakan pengguna untuk mengunci dan membuka kunci mobil, mengaktifkan alarm, hingga menyalakan mesin.

Pada fitur keselamatan, Sonata Hybrid telah dibekali dengan Lane Follow Assist. Teknologi ini memungkinkan kendali tetap dalam posisi lurus di jalur dengan kecepatan antara 0 sampai 145 km/jam.

Sonata Hybrid ditenagai dengan mesin Smartstream G2.0 GDi HEV dan transmisi hybrid 6-percepatan. Mesin ini mampu memuntahkan daya sebesar 152 PS dan torsi maksimal mencapai 188 Nm. Sedangkan motor listriknya sendiri mampu menghasilkan output daya sebesar 38 kW dengan torsi maksimal 205 Nm. Secara sistem menghasilkan tenaga 195 PS

Hyundai mengklaim teknologi hybrid ini mampu menghemat bahan bakar hingga 20,1 km/liter. [Hlm/Idr]


Komentar