Hyundai Segera Masuki Era Mobil Otonom Share this

Hyundai Segera Masuki Era Mobil Otonom

Indra Prabowo
pada 18 November 2016

LOS ANGELES – Mobil otonom terus digulirkan oleh pabrikan-pabrikan dunia. Dan kali ini Hyundai segera memasuki era itu dengan ditandai oleh Hyundai Autonomous IONIQ Concept.

Konsep ini dipamerkan di LA Auto Show 2016 dan menyerupai Hyundai IONIQ lainnya namun dengan teknologi otonom (mobil bergerak mandiri tanpa dikendalikan oleh pengemudi).

Hyundai Autonomous IONIQ akan menggunakan sistem LiDAR (Light Detection and Ranging) yang ditempatkan di bumper depan, bukan di atap seperti kebanyakan mobil-mobil study. Mobil ini pun akan dilengkapi dengan radar menghadap ke depan (forward-facing radar) Smart Cruise Control, kamera-kamera Lane Keep Assist dan dipadukan dengan  LiDAR technology.

hyundai autonomous ioniq

Forward Facing Radar mendeteksi lokasi dan kecepatan relatif obyek-obyek yang berada di jalur depan IONIQ Autonomous agar bisa merencanakan perjalanan. Tiga kamera bertugas mendeteksi pejalan kaki, marka jalan dan rambu lalulintas.

Mobil ini diperkaya oleh Blind Spot Detection, Automatic Emergency Braking with Pedestrian Detection, dan Rear Cross-Traffic Assist.

Hyundai Motor sendiri saat ini sedang menguji 3 mobil otonom IONIQs dan Autonomous Tucson Fuel Cell di Hyundai Research and Development Center yang berlokasi di Namyang, South Korea. Proyek ini sangat menantang karena lebih dari 11 ribu ahli rekayasa dan desainer berada di sana setiap hari terlibat. [Idr]


Komentar