Hyundai Motor Group Kembangkan Airbag Sisi Tengah Share this

Hyundai Motor Group Kembangkan Airbag Sisi Tengah

Indra Prabowo
pada 18 September 2019

SEOUl – Hyundai Motor Group telah mengembangkan airbag sisi tengah untuk meningkatkan keselamatan penumpang ketika terjadi kecelakaan.

Airbag sisi tengah berfungsi untuk memisahkan ruang antara pengemudi dan penumpang. Airbag tambahan baru ini akan melebar ke ruang antara kursi pengemudi dan penumpang untuk mencegah cedera kepala penumpang di barisan depan. Jika tidak ada seorang pun di kursi penumpang depan, airbag akan melindungi pengemudi dari benturan samping yang datang dari sisi kanan. Airbag sisi tengah dipasang di dalam kursi pengemudi dan akan mengembang setelah dampak benturan dirasakan.

HMG berharap  center side airbag dapat mengurangi cedera kepala yang disebabkan oleh penumpang yang bertabrakan dengan pengemudi sejauh 80%.

"Pengembangan airbag sisi tengah melampaui penambahan airbag tambahan," kata Hyock In Kwon, insinyur riset dari Crash Safety System Engineering Team Design dari Hyundai Motor Group. "Kami akan terus berusaha untuk lebih meningkatkan keselamatan penumpang  untuk semua jenis kecelakaan.”

Airbag ini memiliki komponen internal bernama tether yang memungkinkan airbag mempertahankan bentuknya dan menahan berat penumpang. HMG telah mengembangkan teknologi baru untuk menyederhanakan desain dan mengurangi bobot komponen yang menghasilkan airbag kira-kira 500g lebih ringan daripada produk pesaing. Berkat ukuran airbag yang lebih kecil, tim desain HMG akan memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam jenis desain kursi untuk produk-produk masa depan.

HMG (terdiri dari Kia Motors dan Hyundai Motor) akan memasang airbag sisi tengah pada mobil-mobil mereka pada 2020. [Idr]


Komentar