Hyundai Mobis Kenalkan Teknologi Penyelamat Nyawa Pengemudi Share this

Hyundai Mobis Kenalkan Teknologi Penyelamat Nyawa Pengemudi

Denny Basudewa
pada 04 Januari 2018

Foto: Hyundai Mobis DDREM

CALIFORNIA – Hyundai Mobis akan mengenalkan teknologi canggih yang bisa menyelamatkan pengendara, di pameran bernama Consumer Electric Show (CES) 2018.

Jumlah kecelakaan yang disebabkan oleh pengendara mengantuk terus mengalami peningkatan. Adapun insiden karena kelalaian pengemudi ini menyebabkan fatalitas cukup tinggi di Amerika Serikat.

Guna mengantisipasi permasalahan tersebut, Hyundai Mobis mengenalkan Departed Driver Rescue & Exit Maneuver (DDREM). Sistem ini mengandalkan kamera infrared untuk memantau muka dan pergerakan mata dari pengemudi. Inovasi tersebut dapat melihat gerak-gerik pengemudi yang menunjukkan indikasi mengantuk.

Teknologi ini juga dapat berfungsi sebagai asisten, ketika pengemudi keluar jalur atau membuat gerakan tidak semestinya akibat mengantuk. Komputer dapat melakukan intervensi dan mengambil alih kendali kendaraan, untuk menepi dan berhenti.

Menariknya adalah sistem ini menggunakan hardware yang sudah bisa ditemukan, pada semua kendaraan terbaru dari produsen asal Korea tersebut. Perangkat tersebut mencakup power steering elektrik, sensor radar, dan GPS.

Berkat perangkat canggih tersebut, pengendara hanya perlu mengaktifkan mode otonom untuk menempuh perjalanan jarak dekat. Sistem ini diklaim lebih simpel daripada mobil otonom sebenarnya yang sangat kompleks.

Pihak Hyundai Mobis menyatakan bahwa teknologi yang mereka ciptakan baru akan siap digunakan pada 2020. Konsumen hanya perlu menambahkan satu unit kamera inframerah pada kendaraannya. Dikatakan hanya dengan menambahkan satu perangkat kecil, namun bisa sangat berguna dalam mengurangi kecelakaan.

“Dengan menempatkan fokus pada segi keselamatan, kami bisa membuat mobil biasa menjadi otonom level 4. Mengembangkan teknologi jenis ini dapat menyelamatkan banyak nyawa baik pengemudi maupun penumpang,” ujar David Agnew, Director of Autonomous Vehicle Development, Hyundai Mobis North America. [Dew/Idr]


Komentar