Hyundai Luncurkan Diesel Hybrid Pertama lewat Tucson Share this
Mobil Baru
Mode baca

Hyundai Luncurkan Diesel Hybrid Pertama lewat Tucson

Denny Basudewa
pada 06 Juni 2018

Foto: Hyundai Tucson Diesel

SEOUL – Hyundai membuat sejarah di dunia otomotif dengan meluncurkan Tucson Diesel Hybrid.

Hyundai Tucson Diesel menggunakan mesin diesel konvensional 2.0-liter yang dikawinkan dengan baterai lithium-ion 48-volt dengan kapasitas 0,44 kWh. Selain itu, SUV lima-penumpang tersebut dilengkap dengan converter, inverter, starter generator serta in-gear deceleration juga braking energy recuperation.

Dengan perpaduan teknologi tersebut di atas, disebutkan Hyundai Tucson Diesel Hybrid, lebih efisien 7 persen dalam penggunaan bahan bakar dan juga emisi yang tereduksi. SUV kompak tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 183 hp.

Tenaga Hyundai Tucson Diesel Hybrid tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi manual enam-percepatan atau delapan-percepatan otomatis.

“Produk mild hybrid powertrain ini kami tanamkan pada model terlaris Hyundai. Dengan ini kami memperluas strategi perusahaan dalam hal teknologi elektrifikasi, untuk memberikan akses yang lebih mudah dimiliki konsumen,” ucap VP Hyundai Eropa, Andreas-Christoph Hofmann.

Hyundai Tucson Diesel hybrid sendiri baru akan dipasarkan di Eropa pada musim panas mendatang, berikut harganya. Dikatakan bahwa inovasi diesel hybrid yang diciptakan pabrikan mobil asal Korea Selatan tersebut belum berakhir di situ.

Hyundai dikabarkan tengah mengembangkan mesin diesel hybrid berkapasitas 1.6-liter. Tentunya mesin tersebut juga telah dilengkapi dengan turbo charger. [Dew/Ari]


Komentar