Hyundai Kembangkan Airbag untuk Panoramic Sunroof Share this

Hyundai Kembangkan Airbag untuk Panoramic Sunroof

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 03 Januari 2018

Foto: Airbag panoramic subroof Hyundai

SEOUL - Hyundai mengembangkan airbag pada panoramic sunroof guna tingkatkan keselamatan berkendara.

Pada proses pengembangan fitur keselamatan tersebut, produsen mobil asal Korea ini mendapatkan bantuan dari Hyundai Mobis selaku pemasok parts resmi. Fitur keselamatan ini diklaim merupakan yang pertama diproduksi di dunia.

Airbag ini rencananya akan disematkan dalam seluruh model Hyundai yang telah dilengkapi dengan panoramic sunroof. Dengan adanya airbag pada bagian tersebut maka bagian kepala dan badan penumpang akan terlindungi ketika fitur tersebut diaktifkan.

Konsumen merasa kehadiran airbag ini sangat penting karena sering ada peristiwa di mana bagian badan konsumen terjepit ketika sunroof membuka maupun menutup. Peristiwa tersebut telah membuat banyak konsumen mengalami cedera parah.

Airbag pada panoramic sunroof ini akan segera aktif apabila ada bagian tubuh penumpang yang terdeteksi berada di dekat sunroof ketika sedang membuka atau menutup dan ketika terjadi kecelakaan. Airbag akan keluar dari bagian belakang hingga ke bagian depan sunroof dalam 0,0.8 detik.

Airbag tersebut juga akan kembali ke posisi semula ketika sunroof telah membuka atau menutup secara sempurna. Dengan adanya fitur keselamatan tambahan tersebut, mobil-mobil Hyundai di masa depan dipastikan akan lebih aman dan nyaman.

Berikut video pengujian fitur keselamatan terbaru Hyundai.

Hyundai, Kia dan Genesis telah mengantongi 6 penghargaan dari IIHS Top Safety Pick+ serta telah menunjukkan fungsi airbag dalam mengurangi resiko cedera ketika proses pengujian. Produsen mobil asal Korea ini juga memiliki 11 paten teknologi keselamatan yang telah diakui dunia.

Airbag pada panoramic sunroof ini masih belum diketahui waktu peluncurannya. Namun pihak Hyundai memastikan fitur tersebut akan segera disematkan pada setiap mobil Hyundai. [Amo/Ari]


Komentar