Hyundai Ingin Tantang Rush dan Terios Share this
Berita Mobil
Mode baca

Hyundai Ingin Tantang Rush dan Terios

Insan Akbar
oleh Insan Akbar
pada 02 April 2019

Foto: Hyundai Creta menjadi salah satu opsi SUV murah

JAKARTA — Hyundai Mobil Indonesia sangat melirik pasar sport utility vehicle (SUV) dengan kisaran harga semurah Toyota Rush maupun Daihatsu Terios.

Mereka bahkan mengatakan kemungkinan besar akan meluncurkan produk baru di sana.

Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI), mengatakan mereka belum punya model andalan di segmen yang disebut sebagai low SUV ini. Sementara, volume pasarnya besar.

“Kemungkinannya selalu besar,” tandas dia menjawab pertanyaan Otospirit.com pada Senin (1/4/2019) di Jakarta.

Saat ini Hyundai sebenarnya sudah memiliki satu produk SUV terjangkau di pasar global bernama Creta. Hanya saja, peluangnya untuk mengaspal di Tanah Air tersandung regulasi pajak penjualan barang mewah (PPnBM) yang membuat harganya tidak bisa semurah yang diinginkan.

“Sebenarnya Creta ini kan sudah diluncurkan (secara global) kira-kira dua tahun lalu. Seiring waktu kami juga melakukan study. Tapi ada satu yang jadi handicap kami di Indonesia yaitu besar mesin yang 1.6-liter itu akan kena kategori sama dengan 2.0-l. Itu yang sebabkan harganya jadi tidak bisa murah. Kedua, impor CBU dari India sedikit-banyak lebih tinggi dikenakan pajak tarifnya daripada CBU misalnya dari Thailand yang cuma 0 persen,” papar dia.

Sebenarnya Pemerintah kini sedang menyusun regulasi PPnBM kendaraan yang baru. Skemanya lebih sederhana dan berpotensi membuat Creta mendapatkan PPnBM lebih rendah. Tapi Hendrik menolak berkomentar karena semuanya masih berupa rancangan (draft).

Menurut Hendrik, peluang menghadirkan SUV murah di negeri ini makin besar apabila pabrik yang rencananya selesai dibangun pada 2020 benar-benar sudah ada. Hingga kini, Hyundai masih terus melakukan segala persiapan yang diperlukan.

“Bisa saja Creta diproduksi di sini atau produk baru yang lebih cocok dengan pasar Indonesia,” tandasnya.

Dari sisi teknis, memang ada satu spesifikasi yang akan membuat Creta kurang maksimal bersaing di segmen low SUV. Model ini hanya berkapasitas lima penumpang, bukan tujuh penumpang seperti selera pasar lokal.

Hyundai kini baru punya dua SUV di Indonesia dan keduanya ada di kelas menengah ke atas. SUV tersebut adalah Tucson serta Santa Fe. [Xan/Ari]


Komentar