Hyundai Fuel Cell Generasi Kedua Mampu Menempuh Jarak 580 Km Share this

Hyundai Fuel Cell Generasi Kedua Mampu Menempuh Jarak 580 Km

Adi Hidayat
pada 22 Agustus 2017

Foto: Hyundai Fuel Cell Generasi Kedua (Foto: dok. Hyundai)

SEOUL - Hyundai Motor Company kembali mengancam mobil-mobil berbahan bakar hidrogen asal Jepang dengan meluncurkan "Next-Gen Fuel Cell SUV".

FCEV mewarisi desain dari FE Concept, dikenalkan pada Geneva Auto Show 2017. Desain eksterionya terinspirasi alam, seperti air mengalir dengan material yang sifatnya yang tidak mencemari lingkungan.

Menurut Hyundai, kendaraan yang tidak disebutkan namanya itu akan masuk ke segmen sport utility vehicle (SUV) dan mulai dipasarkan awal tahun depan di Korea Selatan, diikuti Amerika Utara, Eropa selanjutnya China.

Klaim Hyundai, memiliki teknologi baru yaitu menghasilkan listrik karena reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen. Dengan segala improvement-nya, generasi kedua FCV milik Hyundai mampu menempuh jarak 580 km untuk satu kali pengisian bahan bakar hidrogen. Sementara Toyota Mirai hanya mampu bergerak sejauh 502 km dengan satu kali pengisian hidrogen.

SUV baru ini menawarkan tingkat efisiensi 60 persen, atau naik 9 persen dari Hyundai ix35 Fuel Cell (55,3 persen). Dengan komponen baru yang telah disempurnakan, Next-Gen Fuel Cell SUV ini menjangkau jarak tempuh lebih jauh (berdasarkan standar pengujian Korea).

Motor penggeraknya menghasilkan 163 Ps, atau naik sebesar 20 persen dibandingkan pendahulunya. Hyundai Fuel Cell generasi kedua ini sendiri sudah dioptimalkan untuk "hidup" di negara dengan suhu udara di bawah 30 derajat celcius.

Dalam hal itu, insinyur Hyundai telah menggabungkan komponen baru termasuk hydrogen supply device dan fuel-cell stack yang dikembangkan secara khusus.

Selain meningkatkan kemampuan mobil baru, komponen yang disempurnakan itu, seperti MEA (membrane electrode assembly) dan pelat bipolar - juga membantu mengurangi biaya produksi kendaraan.

Model baru ini akan menjadi ujung tombak rencana Hyundai Motor untuk mempercepat pengembangan kendaraan dengan emisi rendah, sejalan dengan tujuan baru Hyundai Motor Group untuk mengenalkan 31 mobil ramah lingkungan (Hyundai Motor dan Kia Motors) ke pasar global pada 2020. [Ikh/Ikh]


Komentar