Hyundai Elantra 2019, Ini Kebaruan yang Diusungnya Share this
Mobil Baru
Mode baca

Hyundai Elantra 2019, Ini Kebaruan yang Diusungnya

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 23 Agustus 2018

PARK CITY - Hyundai Elantra 2019 yang akan tersedia di akhir musim gugur 2018 tidak hanya mengalami ubahan desain karena Hyundai Motor America juga menambahkan perangkat keselamatan terbarunya.

Hyundai Elantra 2019 kini punya tampang lebih berkelas, meski tak menghilangkan kesan agresif lantaran bentuk bumper tajam di kedua sisi. Ditambah lagi penggunaan grille dengan rongga besar.

Sementara di bagian kaki-kaki, pihak pabrikan memasangkan desain velg baru dengan ukuran 16 inci di depan dan 17 inci untuk roda bagian belakang. Selanjutnya, desain lampu belakang LED yang menyatu dengan bodi dan pintu menjadi sektor paling menarik pada bagian belakang Hyundai Elantra.

Namun, hal terpenting adalah di mana Hyundai menerapkan perangkat safety yang dinamai Hyundai SmartSense. Di dalamnya terdapat beberapa fitur untuk meningkatkan keselamatan pemilik Hyundai Elantra maupun pengemudi lain.

Sebut saja Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keep Assist (LKA), Driver Attention Alert (DAA), Safe Exit Assist (SEA) serta Blind-Spot Collision Warning with Rear Cross-Traffic Alert and Lane Change Assist. Meskipun, keseluruhan fitur ini masih opsi dan hanya bisa ditemui di beberapa tipe Hyundai Elantra 2019.

Hyundai mengatakan fitur keselamatan tersebut dipasang guna menekan angka kecelakaan di jalan raya. Menurut Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), perangkat seperti AEB dan FCW bisa mengurangi resiko tabrakan dari belakang hingga 50%.

Sedangkan pengaplikasian fitur LKA merupakan langkah preventif karena 94% kecelakaan terjadi karena kesalahan manusia atau pengemudi berdasarkan informasi National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Hyundai Elantra pun lebih memanjakan penggunanya melalui sistem hiburan AVN 5.0 berlayar 8 inci. Alat ini disebut responsif ketimbang versi lawas berukuran 7 inci. Di dalamnya juga terdapat fitur SiriusM di mana fungsinya adalah untuk memberikan informasi lalu lintas lengkap secara gratis.

Pemilik Hyundai elantra juga leluasa menyetle musik kesayangan dari smartphone karena terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Bahkan, Hyundai memudahkan konsumennya melakukan pengisian ulang baterai smartphone secara wireless.

Ubahan Hyunda Elantra 2019 ternyata tidak terjadi pada sektor mesin. Seperti versi 2018, mobil tersebut akan tetap mengaplikasi mesin 1.600 cc GDI dengan pilihan transmisi manual enam-percepatan dan dual clutch tujuh-percepatan. [Ary/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
Hyundai Elantra 2019, Ini Kebaruan yang Diusungnya


Komentar