Hyundai Dukung Jawa Barat Gelar Tes Covid-19 Drive-Thru Share this
Berita Mobil
Mode baca

Hyundai Dukung Jawa Barat Gelar Tes Covid-19 Drive-Thru

Adi Hidayat
pada 25 April 2020

BANDUNG - PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) membantu Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meyelenggarakan tes cepat Corona Virus Disease (Covid-19) dengan metode Drive-Thru.

Bantuan tersebut berupa 10.000 set APD yang terdiri dari pakaian medis, masker dan sarung tangan untuk digunakan oleh para petugas kesehatan. Ini merupakan bagian dari total donasi 50.000 set bantuan APD yang diserahkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebelumnya pada awal bulan ini.

“Hyundai memahami bahwa pemeriksaan berskala besar yang praktis sama pentingnya dengan memberikan bantuan APD untuk tenaga kesehatan. Kami berharap bahwa dukungan kami dalam tes Drive-Thru dan donasi alat perlindungan diri ini dapat secara signifikan membantu upaya pemerintah dalam meratakan kurva penyebaran Covid-19 di Indonesia,” terang Yoon Seok Choi, President Director of PT HMMI.

Sementara itu Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat menyatakan bahwa APD yang diberikan oleh Hyundai akan digunakan untuk memastikan keselamatan petugas medis. Ini karena di Jawa Barat masih membutuhkan banyak APD untuk para petugasnya.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan Hyundai dalam implementasi tes deteksi cepat dengan metode drive-thru serta bantuan 10.000 set APD bagi tenaga medis. Kami harap tes inovatif ini akan menjadi metode efektif dalam mengidentifikasi virus corona seperti yang berhasil dilakukan di Korea Selatan sebelumnya,” terangnya.

Tes cepat dengan metode Drive-Thru sendiri adalah klinik skrining pop-up yang dapat melakukan pemeriksaan dalam skala besar dan berlangsung sekitar 10 menit per orang. Metode ini telah sepenuhnya mengikuti instruksi pemerintah Indonesia dan terdiri dari empat tahap mulai dari pendaftaran serta konsultasi, wawancara rekam medis, pemeriksaan dan pengumpulan sampel untuk kadindat yang berpotensi terinfeksi. [Adi/Ari]


Komentar