Honda Urungkan Niat untuk Jadi Nomor 1 di LMPV Share this
Berita Mobil
Mode baca

Honda Urungkan Niat untuk Jadi Nomor 1 di LMPV

Adi Hidayat
pada 27 Maret 2019

KARAWANG – Persaingan di segmen LMPV antara Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander seakan membuat pemain di sektor ini tenggelam.

Padahal, tidak ada satu pun APM yang bermain di segmen LMPV diam seribu bahasa. Mereka telah melakukan pengembangan terhadap LMPV andalannya meski ternyata masih belum cukup untuk mendobrak dominasi Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander.

Salah satunya adalah Honda Mobilio yang telah melakukan penyegaran di bulan lalu. Tampilannya memang tidak banyak berubah, bahkan cenderung hanya melakukan pengubahan minimalis meski tetap manis. Sayang, ubahan itu tampaknya tak membuat Honda ingin berusaha terlibat dalam persaingan merebutkan posisi nomor satu di segmen LMPV.

“Peringkat bagi kami, tidak pernah kami kejar. Bagi kami, menjaga agar perluncuran produk dengan baik saja. Lagi pula dulu kami hanya menjual sebanyak 80.000 kendaraan pertahun kemudian langsung loncat menjadi hampir 200.000 unit, itu tidak mudah,” tutur Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT. HPM.

Menurutnya, pencapaian yang sudah dilakukan Honda selama ini telah cukup berhasil secara ‘keseluruhan Honda’, bukan sekedar ‘LMPV Honda’. Pasalnya pihaknya harus melakukan beragam cara agar mencapai posisinya saat ini.

“Jadi banyak hal yang kami lakukan seperti menambah dealer, orang, uang, tempat, gudang dan sebainya. Jadi saat ini kami mencoba untuk menstabilkan saja (apa yang sudah ada). Karena menjual mobil tidak hanya dari produk baru saja,” ungkapnya.

Ia pun menilai bahwa konsumen Honda Mobilio terbilang berbeda dengan konsumen LMPV lain, menurutnya, pelanggan Honda Mobilio saat ini adalah Smart Buyer yang sudah loyal dengan brand Honda.

“Di Indonesia ada tiga segmen konsumen yaitu daily user, smart buyer dan trendsetter. Biasanya kalau konsumen yang menyukai model baru adalah trendsetter serta suka membanding-bandingkan. Tapi kami sudah ada di kelar smart buyer dan daily user yang lebih ke loyalis brand,” ungkapnya.

Pada bulan Februari 2019, Honda meremajakan tanpilan Honda Mobilio. Pengubahannya memang tidak terlalu banyak sehingga perlu waktu sedikit lebih lama untuk mengetahui apa saja yang diubah. Ubahan yang paling terasa adalah pada bagian lampu karena telah menggunakan Projector Headlight with LED Daytime Running Light, penggunaan shark fin antena dan perngubahn desain velg. Menariknya, Honda tidak melakukan pengubahan pada harga Mobilio. [Adi/Ari]


Komentar