Honda Tambah Produksi PCX Jelang Lebaran Agar Tak Terjadi Inden Share this
Berita Motor
Mode baca

Honda Tambah Produksi PCX Jelang Lebaran Agar Tak Terjadi Inden

Insan Akbar
pada 14 Februari 2019

BANDUNG – Honda akan menambah kapasitas produksi skutik PCX 150 cc menjelang Lebaran Idul Fitri 2019 agar para pemesannya tak perlu lagi inden.

Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT. Astra Honda Motor (AHM), mengklaim bahwa penerimaan pasar terhadap PCX 150 cc sangat baik sepanjang tahun lalu. Bahkan, permintaan melebihi suplai sehingga terjadi inden.

Kendati demikian, konsumen tetap membelinya.

“Mereka sampai rela menunggu lebih dari sebulan. Bahkan ada yang sampai menunggu dua bulan,” jelas Thomas menjawab pertanyaan Otosprit.com, ketika diwawancarai beberapa waktu lalu di Bandung.

PCX 150 cc diklaim Thomas terjual dengan volume rata-rata 15.000 unit per bulan pada 2018. Peningkatannya sangat tajam dibandingkan setahun sebelum itu, ketika PCX masih berharga jauh lebih mahal akibat diimpor utuh (Completely Built-Up/CBU) dari Thailand.

“Kalau PCX CBU maksimalnya saja 500 unit sebulan,” ujarnya.

Sebagai informasi, PCX rakitan lokal meluncur pada akhir 2017 dan mulai didistribusikan awal 2018. Harganya turun jauh jika dibandingkan PCX CBU yang dibanderol Rp 40 juta-an.

Adapun harga on-the-road Jakarta PCX per Februari 2019, berdasarkan penelusuran Otospirit.com di situs resmi Honda Indonesia, adalah Rp 28.025.000 bagi tipe non-ABS dan Rp 31.025.000 bagi varian ABS.

Selain PCX bermesin konvensional, Honda juga menjual PCX hybrid yang juga dirakit secara lokal. Banderol on-the-road Jakarta PCX hybrid adalah Rp 41.325.000.

Honda pada awal Februari juga meluncurkan PCX listrik yang langsung dirakit lokal. Namun, produk ini belum dijual dan baru disewakan ke korporasi-korporasi dengan biaya Rp 2 juta sebulan per unitnya.

Tambah Produksi
Inden PCX 150 cc yang lama menjadi perhatian Honda. Merek motor terlaris di pasar Indonesia ini pun berencana menambah kapasitas produksinya.

“Kami akan meningkatkan kapasitas. Harapannya di semester satu tahun ini. Harapan kami sebelum Lebaran Idul Fitri (4 – 5 Juni) peningkatan kapasitasnya,” papar Thomas.

Sayang, Thomas menolak memberitahu berapa peningkatan kapasitas PCX 150 cc. Ia hanya mengatakan bahwa dengan penambahan produksi, para konsumen diharap tak perlu lagi inden. [Xan/Ari]


Komentar