Honda Rayakan Tahun Perak Fireblade dan Type-R di Rockingham Share this
Berita Motor
Mode baca

Honda Rayakan Tahun Perak Fireblade dan Type-R di Rockingham

Denny Basudewa
pada 15 September 2017

Foto: Honda Fireblade dari masa ke masa

CORBY – Honda merayakan Tahun perak Fireblade sekaligus Type R yang menjadi ikon kendaraan berperforma dari pabrikan asal Jepang.

25 tahun sudah Honda memproduksi sepedamotor dan mobil berperforma di dunia. Kendaraan-kendaraan tersebut menjadi legenda dan ikon bagi penikmat maupun penggila kecepatan si semua penjuru bumi.

Fireblade sendiri pertama kalinya hadir pada 1992 dan merubah pandangan akan sepedamotor jenis sport lansirannya. Mantan pembalap Honda Takao Baba adalah orang pertama yang mencoba Honda CBR600 Fireblade kala itu.

Menurutnya motor ini merupakan kendaraan yang fokus pada power to weight ratio atau dikenal saat ini dengan Total Control. Teknologi ini membuat Fireblade sangat seimbang baik digunakan di lintasan balap maupun jalan raya.

Seiring dengan perkembangan waktu, Fireblade telah berevolusi menjadi lebih baik dari yang pernah digunakan Baba pada 1992. Konsep Total Control saat ini lebih menitik beratkan pada rasio berat sebesar 65 persen.

“25 tahun terakhir secara sosial, teknologi dan lingkungan telah berubah secara signifikan. Pada 1992 tidak ada social media, internet juga belum terlalu populer. Selama 25 tahun Fireblade mengalami perubahan lebih dari selusin model begitupun dengan Type-R,” ujar David Hodgetts, Managing Director Honda UK.

Guna merayakan tahun perak, Honda memproduksi CBR1000RR Fireblade SP2 versi terbatas. Sepedamotor jenis sport ini hanya dibuat sebanyak 500 unit dan terhomologasi. Kendaraan ini menggunakan tangki bahan bakar yang terbuat dari bahan titanium, dengan pengurangan bobot hingga 1 kilogram.

Honda dengan label Type R pertama kali hadir dengan model NSX-R. Mobil ini menjadi insipirasi honda dalam menciptakan kendaraan yang fokus pada performa. Kemudian di Inggris pada 1998 munculah Accord dengan embel-embel R.

Garis turunan ini kemudian dilanjutkan pada model paling baru yakni Honda Civic type R yang diklaim mampu menghasilkan tenaga lebih dari 300 hp. [Dew/Ikh]

Saksikan videonya di sini.


Komentar