Honda PCX Listrik Sanggup Tempuh Perjalanan Jakarta - Bogor Share this
Motor Baru
Mode baca

Honda PCX Listrik Sanggup Tempuh Perjalanan Jakarta - Bogor

Denny Basudewa
pada 31 Januari 2019

JAKARTA - Honda PCX electric (listrik) mampu menempuh perjalanan sejauh 69 km dalam sekali pengisian dan kondisi baterai penuh.

PT Astra Honda Motor (AHM) mengaspalkan Honda PCX listrik di Indonesia. Skuter matik berbasis dari Hond PCX Hybrid ini tak hanya menjadi produk andalan terbaru dari Honda, melainkan juga performa yang cukup mumpuni dari paket baterai lithium sebagai sumber utama keluaran tenaga.

Honda PCX Electric menggunakan dua baterai lithium-ion masing-masing 50,4V dengan densitas tinggi dan dipasang secara serial. Konstruksi motor listrik menggunakan struktur Interior Permanent Magnet (IPM) demi mendapatkan efisiensi energi dan performance motor listrik yang optimal.

Honda PCX Electric menghasilkan output maksimum 5,6 hp yang didapat sejak putaran rendah dengan akselerasi lembut. Torsi maksimal 18 Nm pada 500 rpm. Unit daya yang kuat dan ringkas sanggup menjaga suhu sepeda motor serta mengontrol aliran listrik secara lancar dan presisi. Sistem elektrifikasi ini membuat pompa oli, radiator, dan kopling tidak diperlukan.

Untuk mengisi baterai kosong, dua Honda Mobile Power Pack dapat terisi penuh dalam pengisian selama 4 jam saat menggunakan pengisi daya opsional dengan metode off-board. Terdapat pula cara pengisian menggunakan sistem on-board (terkoneksi langsung dengan listrik) dengan masa pengisian 6 jam.

Honda PCX Electric mewujudkan pengendaraan urban yang nyaman dan elegan. Dua unit baterai portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack mampu menjalankan sepeda motor sekitar 69 km dalam sekali pengisian penuh (hasil pengujian dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam secara konstan).

Untuk kenyamanan berkendara, Honda Mobile Power Pack bisa diisi ulang menggunakan dua mekanisme, yakni off-board charging (mengganti dua baterai kosong dengan baterai yang sudah terisi/ swap system), atau menggunakan konektor yang bisa disambungkan dengan listrik gedung atau perumahan (on-board charging).

AHM pun sudah menyiapkan berbagai fasilitas dan sarana untuk mendukung bisnis sepeda motor listrik. Di antaranya jaringan Honda yang melayani servis Honda PCX Electric serta kebutuhan swap/ penggantian baterai. Untuk keadaan darurat, contact center 7X24 jam, emergency road assistance (Honda care), dan service visit, siap memberikan pelayanan maksimal.

Mengenai baterainya sendiri pihak PT AHM meyakini baterai tersebut mampu bertahan selama 2 tahun. Tapi, Makoto Mitaukawa, Development Manager Honda R&D Co. Ltd mengatakan umur baterai juga tergantung dari kebiasaan penggunanya.

Seperti disebutkan di atas bahwa PT AHM juga sudah menyiapkan stasiun pengisian ulang baterainya di beberapa tempat. Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT AHM mengatakan saat ini masih fokus di Jakarta saja.

"Lokasi pengisian ulang untuk awal ini akan ada di tiga lokasi dan lima lokasi lokasi after sales. Konsumen juga dapat mengisi baterai ke soket listrik rumahan. Sedangkan untuk swap (tukar) baterai melalui sistem sewa," terang Thomas lagi. [Ary/Ari]


Komentar