Honda PCX Listrik Aman Menerjang Banjir Share this

Honda PCX Listrik Aman Menerjang Banjir

Ary Dwinoviansyah
pada 01 Februari 2019

JAKARTA - Honda PCX listrik (electric) diklaim tetap mampu menerjang banjir, dengan catatan masih dalam batas normal.

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, PT Astra Honda Motor (AHM) sudah membuka program penyewaan untuk motor listrik mereka ini kemarin (31/1). Harapannya, Honda PCX listrik bisa dijadikan unit operasional bagi perusahaan atau instansi untuk menunjang mobilitasnya. 

Apalagi, PT AHM juga sudah menyiapkan layanan after sales hingga stasiun pengisian baterai, meski jumlahnya masih terbatas. Selain itu, para pengguna skutik listrik ini pun tak perlu khawatir saat mengendarainya untuk penggunaan harian. 

Honda Mobile Power Pack (dua unit baterai lithium-ion) yang digunakan sebagai sumber tenaga, sanggup diajak berjalan sejauh 69 km dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam. Terkait pula untuk pemakaian sehari-hari, pengendara Honda PCX listrik juga tak perlu takut bakal kesetrum ketika mengendarainya saat hujan. 

Khalayak awam mungkin was was, tapi pihak produsen tentunya sudah memikirkan secara matang demi mengantisipasi hal tersebut. Untuk itu, PT AHM meyakinkan bahwa Honda PCX listrik sangat aman lantaran sudah menjalani serangkaian pengujian sebelum dilepas ke masyarakat. 

"Sama seperti sepedamotor pada umumnya, sebelum dijual ada pengetesan di internal atau pemerintah dan dari keduanya lulus tes. Artinya, motor ini layak dijual karena aman, baik penggunaan normal atau saat hujan," Reza Rezdie Technical Service Division PT AHM.

Begitu juga jika Honda PCX listrik terpaksa menerjang banjir. Namun, Reza menegaskan ketinggian genangan air yang dapat dilalui adalah 30 cm. Lebih dari itu, sebaiknya jangan memaksakannya untuk tetap menerobos banjir. 

"Amannya seperti itu. Tapi, kalau air melebihi batas normal akan ada warning system berupa lampu peringatan dan kunci kontak harus dimatikan kemudian dorong motornya," tambah Reza lagi. 

Lantas bagaimana kalau Honda PCX listrik tetap dipaksa melaluinya? Reza mengatakan pengendaranya tetap aman atau tidak akan kesetrum. Tapi, motor sudah tidak bisa digunakan lagi karena air akan merusak komponen yang ada di Honda PCX listrik. [Ary/Ari]  


Komentar