Honda PCX Hybrid Raih Gelar Motor Terbaik 2018 Share this
Motor Baru
Mode baca

Honda PCX Hybrid Raih Gelar Motor Terbaik 2018

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 29 October 2018

JAKARTA - Honda PCX Hybrid berhasil memukau para juri sehingga berhasil memenangkan penghargaan motor terbaik 2018, FORWOT Motorcycle of the Year (FMY) 2018.

Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) kembali menyelenggarakan sebuah penghargaan yang kali ini ditujukan kepada produsen roda-dua Tanah Air bertajuk FMY 2018. Namun, sebelum mengumumkannya panitia menjaring terlebih dahulu sepedamotor baru yang meluncur pada periode September 2017-Agustus 2018.

Pada penjurian tahap pertama, panitia mendapati ada 30 sepedamotor yang harus diseleksi oleh 73 juri wartawan otomotif anggota FORWOT. Di sesi ini, terpilih lah lima finalis FMY 2018. Mulai dari Mereka adalah Honda PCX, Honda PCX Hybrid, Kawasaki W175, Suzuki Nex II dan Yamaha Lexi.

Raju Febrian, Ketua Dewan Juri FORWOT FMY 2018 mengatakan pihaknya berusaha melibatkan seluruh wartawan FORWOT untuk memberikan penilaian. Namun, untuk penjurian tahap kedua yang dipilih hanya 25 jurnalis saja.

"Mereka dipilih berdasarkan pengalaman masing-masing setelah mencoba masing-masing sepedamotor. Setiap juri memliki total 25 poin dan penilaiannya dilihat dari aspek desain, kenyamanan, keamanan, nilai ekonomis, handling, performa, fungsional, keramahan lingkungan, pengalaman berkendara serta harga," katanya saat awarding di bilangan Jakarta Pusat (29/10).

Setelah melakukan penjurian yang cukup ketat, Honda PCX Hybrid akhirnya meraih nilai tertinggi yakni 141 poin. Di posisi kedua ada Honda PCX (131 poin), Yamaha Lexi (121 poin), Suzuki Nex II (112 poin) dan Kawasaki W175 (100 poin).

FORWOT Motorcycle of the Year 2018 Honda PCX Hybrid Perwakilan APM (Agen Pemegang Merk) Finalis FORWOT Motorcycle of the Year 2018.

"Distribusi penilaian yang dilakukan dewan juri hampir merata. Honda PCX Hybrid mendapat nilai terbanyak dilihat dari sejumlah aspek. Mulai dari desain yang modern, tenaga yang besar, teknologi hybrid ramah lingkungan dan skuter matik hybrid pertama yang diproduksi di Indonesia. Meski demikian ada beberapa catatan terutama harga jual PCX Hybrid yang dinilai masih mahal," kata Raju.

Namun, beberapa juri menilai langkah PT Astra Honda Motor memboyong Honda PCX Hybrid ke Indonesia patut diapresiasi. Perlu edukasi kepada masyarakat tentang keunggulan dan manfaatkan teknologi yang diusung.

"Terima kasih kepada seluruh wartawan yang terlibat dalam penjurian. Kami tidak menyangka Honda PCX dan PCX Hybrid masuk sebagai nominasi. Ini (Honda PCX Hybrid) adalah bagian dari upaya kami menghadirkan inovasi baru kepada konsumen di Indonesia dan PCX Hybrid juga sudah diproduksi di sini," kata Rina Listiyani, PR Manager Corporate Communication PT AHM.

Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT berharap kemenangan ini menjadi pemicu tidak hanya PT AHM, tapi juga Agen Pemegang Merek lainnya untuk terus menghasilkan motor ramah lingkungan dan memboyongnya ke Tanah Air. Hal ini tentunya juga mendukung program pemerintah dalam menjalankan standar emisi Euro 4.

"Tahun ini sangat spesial karena ada satu sepedamotor hybrid yaitu Honda PCX Hybrid. Terima kasih kepada para sponsor PT Gajah Tunggal Tbk, Federal Lubricants, Garda Motor, Adira Finance, dan Adira Insurance yang telah mendukung terlaksananya FORWOT Motorcycle of the Year 2018 ini," tutup Indra. [Ary/Ari]


Komentar