Honda PCX 2018 Dimodif Bergaya Futuristik Share this
Modifikasi
Mode baca

Honda PCX 2018 Dimodif Bergaya Futuristik

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 09 Februari 2018

JAKARTA - Modifikasi Honda PCX 2018 yang disajikan PT Astra Honda Motor (AHM) ini kental dengan nuansa futuristik.

Seperti kebiasaannya, AHM selalu menampilkan versi modifikasi dari unit yang baru saja dirilis. Saat meresmikan harga all-new Honda PCX 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu, mereka juga menghadirkan beberapa unit modifikasinya.

Satu yang menarik adalah sosok all-new Honda PCX berkelir silver doff berikut. Modifikasi ini rupanya hasil adopsi desain mobil konsep Small Sports EV yang sempat diperlihatkan di Tokyo Motor Show.

all-new Honda PCX 150 rakitan Indonesia Modifikasi all-new Honda PCX 150 rakitan Indonesia

Tampang all-new Honda PCX 2018 ini agresif dengan beberapa ubahan garapan Zone Modified Project (ZMP). Namun, Peterson Rivai salah satu punggawa ZMP menyebut ada beberapa kesulitan dalam pengerjaan all-new Honda PCX milik AHM ini.

"Selain pemasangan body kit, ada detail lain seperti membuat tulisan 'Techno' supaya bisa nyala di bodi. Medianya kecil dan pemasangan lampu agak sulit karena mepet dengan sasis," ujar Peterson.

Pekerjaan Peterson dan rekan di ZMP tidak selesai sampai sini. Mereka lantas mengalihkan kesibukannya di area kaki-kaki, khususnya bagian cakram.

ZMP mengubah ukuran dan desain cakram all-new Honda PCX 150 2018

"Sebenarnya dari AHM tidak meminta untuk menggantinya. Tapi, saya mau terlihat berbeda. Makanya, kami bikin sendiri alias hand made cakramnya. Untuk bagian depan ukurannya berubah dari 22 cm jadi 24 cm sementara belakang ukurannya masih sama dengan asli, hanya desainnya saja yang berubah," lanjut Peterson kepada Otospirit.com

Maklum saja, ZMP sudah cukup lama menggeluti jasa pembuatan cakram custom. Sebagai informasi, Peterson meyakini penggantian cakram ini tidak mengubah kinerja rem ABS di all-new Honda PCX.

"Tidak ada pengaruh dengan pengereman ABS-nya. Jadi, tetap fungsional," tambah Peterson yang menghabiskan 1,5 bulan untuk menyelesaikan modifikasi all-new Honda PCX nan futuristik ini.

LCD 3,5 inci menjadi pengganti spion. Rear camera difungsikan untuk memantau kondisi di belakang

Bagian menarik lain dari all-new Honda PCX garapan ZMP berada di area kemudi. Selain mengandalkan model setang jepit, terdapat satu layar LCD berukuran 3,5 inchi sebagai pengganti spion. Perangkat ini jadi salah satu perangkat wajib bagi yang mau mengejar tampilan futuristik.

"Di bagian belakang motor kami menambahkan sebuah kamera. Jadi, tetap bisa melihat kondisi di belakang. Fungsinya sebagai spion tetap ada. Selain itu, saya pilih LCD dan kamera juga bisa senada dengan konsep 'Futuristic Techno'," tutup Peterson. [Ary/Ari]

Data modifikasi:

Custom fiber body: ZMP

LED Works: ZMP

LCD: 3,5 inchi

Rear Camera

Visor: ZMP

Handle brake: KRS

Handle grip: Nassert Beet

Shock: Trusty

Rear Tube Suspension: Gazi

Custom leather: MB Tech

Honda Genuine Accecories Parts

Tire: Pirelli Angel Scooter (Front: 120/70-14, rear: 140/70/14).

Alamat bengkel: Jl Murni 1 No 36(Mohammad Ramdhan) Bandung, Jawa Barat.


Komentar