Honda Patenkan Transmisi 11-Speed dengan 3 Kopling Share this

Honda Patenkan Transmisi 11-Speed dengan 3 Kopling

Muhammad Ikhsan
pada 24 Agustus 2016

Foto: Honda Patenkan Transmisi 11-Speed

TOKYO - Produsen otomotif sudah mulai berbenah dengan menggunakan teknologi transmisi 7-speed atau lebih. Alasannya mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan memungkinkan pergerakan mesin lebih halus.

Riset ini telah dilakukan oleh sejumlah pabrikan termasuk Honda. Bahkan Honda telah mematenkan desain transmisi 11-speed dan triple-clutch pada Japan Patent Office beberapa hari lalu. Paten ini diajukan atas nama Honda Motor Co, Ltd.

Merek asal Jepang ini berpikir ke depan bahwa transmisi 11-speed pada mobil akan semakin digemari di masa depan, mengingat ini salah satu teknologi simple tapi cerdas yang berguna menurunkan konsumsi BBM.

Saat ini Honda yang dikenal dengan transmisi CVT-nya. Hadirnya kabar ini menggambarkan jika Honda hendak mengubah citra tersebut dengan menawarkan sistem transmisi baru tanpa mengurangi fun-to-drive dan hemat BBM.

Sebab transmisi dengan tiga kopling itu akan memanfaatkan kopling ketiga untuk mengurangi penurunan torsi yang umumnya ditemukan pada transmisi dual clutch yang paling modern saat ini pada kendaraan dengan transmisi otomatis.

Dengan sistem ini maka perpindahan gigi transmisi berlangsung cukup cepat dan kehilangan tenaga bisa diminimalisir sekecil mungkin tanpa terjadi slip kopling berlebihan.

Belum bisa dipastikan kapan sistem transmisi baru ini digunakan oleh Honda. [Ikh]


Komentar