Honda Pamerkan Teknologi Penghasil Energi Listrik Share this
Gadget
Mode baca

Honda Pamerkan Teknologi Penghasil Energi Listrik

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 02 October 2017

Foto: Honda mobile power pack system

TOKYO - Honda akan mengenalkan teknologi penghasil energi listrik mobile power pack system with detachable mobile batteries, charge atau discharge Devices dan 70MPa Smart Hydrogen Station (SHS) Concept pada CEATEC JAPAN 2017 di Makuhari Messe, Chiba, Jepang mulai 3-6 Oktober 2017.

Menurut Honda, Sistem ini bekerja dengan menghasilkan, menyimpan dan menyalurkan listrik saat dibutuhkan.

Secara total, Honda akan menampilkan empat teknologi baru meliputi Honda Mobile Power Pack System with Detachable Mobile Battery yang berfungsi menyimpan dan memasok listrik untuk produk mobilitas skala kecil dan produk rumahan.

Selain itu, Honda juga menampilkan Honda Mobile Power Pack Exchanger yang dapat mengisi banyak baterai Power Pack dalam sekali pengisian dan menyediakan penggantian baterai Power Pack. Keseimbangan pasokan listrik juga dapat terjaga dengan mengalirkan listrik dari baterai ke jaringan pada jam sibuk saat kebutuhan listrik meningkat.

Honda juga menampilkan Honda Mobile Power Pack Charge & Supply Concept yang saat dikombinasikan dengan Honda Mobile Power Pack, dapat berfungsi sebagai sumber energi darurat atau sumber energi reguler di area yang tidak teraliri listrik. Kemudian 70 MPa SHS Concept juga turut tampil, di mana teknologi ini dapat menghasilkan, menyimpan dan menyalurkan hidrogen bertekanan tinggi untuk kendaraan fuel cell.

70MPa SHS Concept menjadi stasiun hidrogen pertama di dunia dilengkapi dengan electrolizer bertekanan diferensial tinggi untuk mewujudkan tekanan penghasil hidrogen sebesar 82MPa.

Ke depannya, Honda akan mengkomersilkan SHS yang dilengkapi fitur Power Creator, yaitu electrolizer bertekanan diferensial tinggi yang mengeleminasi kompresor dan mewujudkan kemasan lebih kompak. Power Creator menghasilkan hidrogen dengan mendapatkan elektrolisis dari air menggunakan listrik dari berbagai sumber energi termasuk energi terbarukan.

Cara kerja Mobile Power Pack Exchanger adalah dengan menyediakan sebuah unit yang dapat mengisi listrik kedalam baterai, sehingga baterai tersebut dapat menyimpan kelebihan listrik untuk digunakan saat dibutuhkan. Dengan sistem ini, penggunaan listrik menjadi lebih efisien sekaligus mengurangi emisi karbon (CO₂).

Melalui inovasi ini Honda menciptakan ketersediaan listrik yang merata, mendorong penggunaan listrik lokal, dan mewujudkan masyarakat bebas karbon. [Amo/Ikh]


Komentar